Sukses

Mencicip Lezatnya Kuliner Khas Warung Kopi Manis Kuningan

Kuliner nusantara ini memadukan olahan daun pepaya hingga ikan teri medan sehingga menjadikan rasa urab ini khas dan berkesan

Liputan6.com, Kuningan - Masakan rumahan menjadi salah satu pilihan pengunjung dalam berburu kuliner. Keunikan dan cita rasa yang didapat dianggap berbeda saat menyantapnya.

Seperti yang disajikan Warung Kopi Manis (WKM) Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Para pecinta sayur lodeh di WKM kini bisa mencicipi nikmatnya makan urab daun pepaya.

"Ada beberapa menu baru selain urab daun pepaya juga tumis kembang bawang, tumis cumi dan ayam serundeng. Semuanya termasuk masakan nusantara tapi tiap daerah punya cita rasa dan ciri khas sendiri," kata juru masak WKM Kuningan, Widia Rustanti, Sabtu (22/5/2021).

Widia mengatakan, tidak sedikit penikmat kuliner tradisional yang datang ke tempatnya meminta varian menu lain. Sebagian besar, kata dia, permintaan pengunjung adalah urab daun pepaya, cumi hingga ayam serundeng.

Olahan daun pepaya, dipadukan dengan parutan kelapa yang sudah digoreng matang serta sambal khas WKM seakan menjadi pengobat rindu. Widia mengatakan, urab yang dijual WKM berbeda dengan di tempat lain.

Urab WKM ditambah dengan ikan teri medan, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi berbeda ketika makan urab ala WKM ini. Suasana makan ala WKM di tengah perkebunan dan konsep klasik membuat pengunjung semakin betah.

"Urab daun pepaya satu porsi nya Rp7.000 kalau ayam serundeng Rp9.000," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nuansa Sunda

Widia mengatakan, urab pepaya teri medan ala WKM ini tidak mudah basi karena parutan kelapa terlebih dahulu digoreng hingga matang. Oleh karena itu, jika ada pengunjung tidak perlu khawatir jika hendak membungkus.

Dalam sehari, Widia mampu membuat lima porsi masakan urab daun pepaya teri medan. Menu baru di WKM Kuningan tersebut sudah dirilis beberapa hari lalu.

"Alhamdulillah peminatnya juga banyak jadi nambah varian menu di makanan belum yang minuman," ujar dia.

Pemilik WKM Kuningan Anton Oktavianto mengatakan, saat ini sayur lodeh menjadi salah satu menu andalan di WKM. Rasanya yang lezat, menggugah selera membuat penikmat kuliner nusantara nambah.

Pelanggan di WKM Kabupaten Kuningan akan disuguhkan suasana berbeda dengan yang lain. Pelanggan dapat menikmati nuansa jadul ala masyarakat Sunda sehingga membawa suasana ngopi menjadi hangat dengan seduhan tradisional.

"Tidak ada yang berubah konsep WKM di Cirebon dan Kuningan," kata Anton,

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.