Sukses

Kesaksian Warga Sidoarjo Saat Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang

Liputan6.com, Sidoarjo - Gempa bumi hampir terasa di sejumlah wilayah Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB, sehingga membuat masyarakat kaget, dan keluar rumah.

Seperti yang dituturkan Indyah warga Malang jika gempa tersebut sempat membuat dirinya dan warga sekitar keluar rumah.

"Sempat dikira biasa, akhirnya semburat keluar rumah," katanya saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Gempa juga terasa di Surabaya hingga membuat masyarakat terpaksa keluar rumah. Yani yang saat itu bekerja di daerah Mulyosari merasakan gempa dan bergegas keluar dari lokasi kantor.

"Kebetulan kantor sedang renovasi, tadi terasa dan keluar," ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Rina Susanti dan Dea Sari warga Sidoarjo mengaku kalau sempat merasakan goyang di tempat tinggal mereka. "Sidoarjo bergoyang," katanya, dilansir Antara.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto membenarkan adanya gempa tersebut. "Info Gempa Magnitudo 6.7 pada 10 April 2021 pukul 14.0p yang berlokasi di 8.95 LS,112.48 BT (90 kilometer Barat Daya KAB-MALANG-JATIM), Kedalaman 25 Kilometer," katanya.

Dari keterangan yang berhasil dihimpun, gempa ini tidak menimbulkan bencana Tsunami, namun masyarakat tetap diimbau tetap waspada. Selain itu, dari grup WhatsApp BMKG Juanda dilaporkan ada kerusakan rumah di wilayah Lumajang dan juga Blitar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa magnitudo 6,1 mengguncang Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

    Gempa Malang

  • Gempa Bumi

  • Korban Gempa