Sukses

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Resmikan Pengoperasian Dermaga II Bolok

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor B Laiskodat meresmikan pengoperasian dermaga II Pelabuhan Bolok, Kupang, dan pelayaran perdana KMP Jatra 1 yang telah resmi melayani rute Kupang-Rote,

Liputan6.com, Kupang - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor B Laiskodat meresmikan pengoperasian dermaga II Pelabuhan Bolok, Kupang, dan pelayaran perdana KMP Jatra 1 yang telah resmi melayani rute Kupang-Rote.

Gubernur Viktor menyampaikan apresiasinya atas rampungnya revitalisasi dermaga II Pelabuhan Bolok, Kupang. Sebagai provinsi kepulauan, moda transportasi penyeberangan sangat berperan penting menunjang aksesibilitas masyarakat.

"Sebagai wilayah kepulauan, tidak ada yang lain, kapal harus kuat. ASDP menjadi tulang punggung transportasi di NTT. Kehadiran dermaga dan KMP Jatra 1 ini menjadi langkah pertama, namun belum saya katakan hebat. Kita harus berpikir dan siapkan dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik. Karena di Kupang, untuk idealnya dibutuhkan 20 unit kapal ferry dan dermaga yang mampu disandari kapal besar," ujar Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat kepada awak media, Rabu (10/3/2021) siang.

Menurut Gubernur, NTT harus memiliki transportasi penyeberangan yang andal dan kuat, dan juga moda transportasi lainnya. Prediksinya, sektor pariwisata di NTT akan mengalami lompatan besar di tahun 2023, sehingga perlu dilakukan perkuatan dan peningkatan infrastruktur transportasi.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, proyek dermaga II Pelabuhan Bolok ini merupakan salah satu komitmen ASDP memperkuat konektivitas penyeberangan nasional, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menjadi transportasi andalan masyarakat.

"Kami mensyukuri kehadiran dan layanan ASDP disini sangat dinantikan oleh masyarakat. NTT yang dikelilingi pulau-pulau tentu membutuhkan moda ferry yang andal. Kami harap dengan direvitalisasinya dermaga 1 dan 2 ini, kapasitas layanan penyeberangan dari dan ke Kupang akan terus meningkat dan semakin terlayani dengan baik," katanya.

Selain itu, kehadiran dermaga II ini juga untuk merespon target Pemprov NTT agar Pelabuhan Bolok dapat disandari kapal berukuran besar, salah satu alternatif untuk menghadapi cuaca ekstrim dan juga dapat meningkatkan kapasitas muatan kapal lebih besar, baik penumpang dan kendaraan serta logistik, yang diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat NTT.

Revitalisasi dermaga 1 dan 2 Pelabuhan Bolok ini telah rampung tempat waktu sekitar 11 bulan. Meskipun sempat terkendala PSBB ketat pada awal tahun lalu dan cuaca buruk pada periode Oktober 2020, proyek ini dapat selesai sesuai target yang diharapkan.

Proyek revitalisasi Dermaga I dan II Bolok senilai Rp 36 miliar ini merupakan dermaga jenis moveable bridge dengan tipe Dolphin. Dermaga I berkapasitas 30 ton memiliki panjang 60 meter dan lebar 12 meter, yang mampu disandari kapal ukuran maks. 1.000 GRT. Sedangkan dermaga II berkapasitas 40 ton memiliki panjang 80 meter dan lebar 16 meter, yang mampu disandari kapal berukuran 5.000 GRT.

Selain peningkatan kapasitas layanan penyeberangan, revitalisasi dermaga ini juga didorong adanya kebutuhan pengembangan Pelabuhan Bolok. Apalagi, kini ASDP Cabang Kupang telah mendapat satu tambahan armada yakni KMP Jatra 1, yang direlokasi dari lintas Merak-Bakauheni.

"KMP Jatra 1 ini berukuran besar. Selain dapat menyediakan kapasitas tampung lebih tinggi, juga diharapkan dapat lebih memastikan keberlanjutan pelayanan dan mampu mengatasi keadaan saat cuaca ekstrim, karena spesifikasi kapal ini mampu menghadapi gelombang tinggi yang kerap terjadi di perairan NTT," jelas Ira.

KMP Jatra 1 ini akan melayani rute reguler Kupang-Rote setiap hari 1 trip pp dan juga ke Larantuka dan Kalabahi. KMP Jatra 1 memiliki bobot 3.871 Gross Tonnage, dengan panjang 88.7 meter, lebar 15,6 meter dengan tinggi cardeck 4 meter. Kapal ini mampu mengangkut 770 orang penumpang, 100 unit sepeda motor, dan 84.

Simak Juga Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.