Sukses

Detik-Detik Rumah Indekos Pinggir Tebing Longsor di Majene, 1 Orang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Majene - Sebuah tebing di Lingkungan Lappe, Kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae Timur, Mejene, Sulawesi Barat tiba-tiba longsor pada Minggu (7/3/2021) sekitar pukul 09.00 Wita. Tebing itu longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah itu selama beberapa jam.

Nahas, tepat di atas tebing setinggi kurang lebih 20 meter itu berdiri sebuah rumah indekos berlantai dua. Tiga orang penghuni rumah indekos itu dikabarkan ikut terjatuh bersama meterial longsoran tebing, dua di antaranya selamat dan satu meninggal dunia.

Kasat Reskrim Polres Majene, AKP Jamaluddin mengatakan, saat kejadian nahas itu terjadi, sekitar pukul 08.10 Wita saat hujan deras, ketiga korban bersama lima orang penghuni rumah indekos lainnya tengah membuat saluran air agar genangan yang memasuki teras rumah indekos dapat segera surut.

"Sebagian dari mereka menggunakan ember untuk mengeluarkan air dari teras. Tidak berlangsung lama, tiba-tiba teras rumah indekos roboh karena tanahnya longsor. Tiga orang penghuni ikut terjatuh ke bawah," kata Jamaluddin, Minggu (7/3/2021).

Ketiga korban jatuh bersama meterial longsor ke kubangan air sedalam 1,5 meter yang tepat berada di bawah tebing. Para korban sempat dievakuasi dengan peralatan seadanya oleh sejumlah relawan dan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Jamaluddin menambahkan, pihaknya sudah mengidentifikasi korban yang ikut jatuh bersama material longsoran tebing. Dua korban selamat yakni, Muhammad Irfan Nur (20) dan Imsyakiah Safitri (25), sedangkan korban meninggal dunia yakni Anggun Patrias (26).

"Kedua korban dilarikan ke RSUD Majene untuk menjalani perawatan, sedangkan korban meninggal dunia juga di bawa kesana dan segera dibawa ke rumah duka di Mamuju," jelas Jamaluddin.

Sedangkan Kepala BPBD Majene, Ilhamsyah mengatakan, tanah di sekitar rumah indekos itu menjadi labil akibat terus diguyur hujan deras sehingga longsor terjadi. Pihaknya langsung bergerak melakukan evakuasi setelah menerima laporan mengenai longsoran tebing itu.

"Korban tertimpa reruntuhan akibat tanah rumah yang dua lantai itu tiba-tiba terjatuh. Kami sudah evakuasi dan langsung diserahkan ke keluarganya untuk dibawa ke Mamuju," kata Ilhamsyah.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: