Sukses

Lantik 21 Kepala Daerah, Gubernur Jateng Ganjar Pronowo Kutip Bung Karno

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik 21 pasangan calon terpilih pada Pilkada Serentak 2020. Pelantikan digelar secara secara daring dan luring di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat (26/2/2021).

Empat paslon di Semarang Raya, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, dan Demak dilantik secara luring di Gedung Gradhika Bhakti Praja, sedangkan 17 pasangan kepala daerah lainnya dilantik di gedung DPRD masing-masing dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam pembuka pidatonya, Gubernur Ganjar Pranowo mengutip perkataan Bung Karno, "Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden pun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng adalah kekuassaan rakyat. Di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa."

Ganjar juga menekankan kepada pemimpin daerah yang terpilih untuk memastikan bahwa jabatan yang diemban bukan sekadar semi gengsi, tapi menjadi ladang perjuangan memperbaiki keadaan.

"Sumpah yang diucapkan itu bukan sekadar kalimat protokoler, itu mantra. Kitab suci yang jadi persaksian, sepenuhnya telah merekam janji kita, sampai janji itu terpenuhi di hadapan manusia dan Tuhan," ungkap Ganjar.

Lebih jauh Ganjar berpesan, tatalah niat, mantapkan tekat, dan tetapkan hati. Tidak ada pekerjaan yang ringan, akan ringan jika dilakukan bersama secara kompak. 

"Sekarang tuan kita adalah rakyat, jabatan ini hanya sejadar mandat. Kekuasaan yang langgeng adalah kekuasaan rakyat," katanya.

Ganjar Pranowo juga ingin tiap kepala daerah di Jawa Tengah memiliki akun media sosial pribadi maupun instansi. Ini penting untuk penyesuaian zaman dan keadaan. 

"Tuntutan zaman memaksa kita untuk ikuti peradaban itu, agar bapak ibu tidak ketinggalan. Bukan hanya akun personal, tapi juga akun pemda harus bergerak ke sana untuk melayani masyaraat. Ini pekerjaan ringan tapi paling esensial. Jangan bilang reformasi birokrasi kalau media sosial saja tidak punya," katanya.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: