Sukses

Waspada, Hujan Disertai Angin Kencang di Wilayah Pantura Jabar

BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati memprediksi hujan disertai angin kencang di wilayah pantai utara Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati memprediksi hujan disertai angin kencang di wilayah pantai utara Jawa Barat di antaranya Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) hari ini dan beberapa hari ke depan.

Prakirawan BMKG Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan, fenomena hujan dan angin kencang tersebut disebabkan oleh terbentuknya beberapa pusat tekanan rendah di wilayah selatan ekuator Indonesia dan terdapat belokan angin sehingga meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang berpotensi hujan disertai angin kencang di wilayah Ciayumajakunung.

"Berdasarkan hasil pengamatan hari ini dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, arah kecepatan angin umumnya dari arah barat dengan kecepatan maksimum mencapai 41 km/Jam," kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Lebih jauh Ahmad menjelaskan, kondisi hujan disertai angin kencang di wilayah Ciayumajakuning diperkirakan kecepatan anginnya dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 km/jam dan masih akan berlangsung hingga empat hari ke depan.

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, berkendara dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang, baliho roboh, banjir, tanah longsor dan lain-lain.

Selain itu, perlu diperhatikan juga peningkatan tinggi gelombang mencapai lebih dari 1,5 meter di perairan utara Cirebon dan Indramayu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.