Sukses

Gurihnya Hasil Olahan Ikan di Pesisir Boalemo, dari Kerupuk hingga Abon

Tak menyangka jika ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Boalemo ini cukup kreatif.

Liputan6.com, Boalemo - Tak menyangka jika ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo cukup kreatif. Pasalnya, organisasi kaum hawa ini membuat olahan pangan yang menjadi andalan mereka meski di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Hebatnya, kaum perempuan ini, membuat suatu olahan ikan yang mempunyai nilai multiplier effect terhadap perputaran ekonomi daerah. Organisasi yang dinakhodai oleh Dr Heldy Vanni Alam itu, mengolah sejumlah ikan tuna segar menjadi kerupuk, sedangkan ikan cakalang disulap menjadi nugget dan abon.

Tak hanya itu, uniknya ikan teri pun menjadi bahan baku yang diubah menjadi bahan sambalado berkelas yang siap dipasarkan melalui UMKM kreatif.

Heldy mengatakan, berbagai olahan ini, murni inisiatif dari Organisasi DWP Boalemo mengingat wilayah Boalemo kaya akan produksi ikan laut.

"Nah usaha kreatif ini, ditargetkan jadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi Daerah. Lebih khusus, perekonomian masyarakat Boalemo itu sendiri," kata Heldy.

Menurutnya, sebelum ia melakukan hal itu, pertama yang ia lakukan adalam menggelar pelatihannya terlebih dahulu dengan sasaran adalah ibu rumah tangga yang terdampak Covid-19.

"Alhamdulillah semua mendapat respon positif dari warga kaum perempuan," ujarnya.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusias Ratusan Peserta

Heldy menuturkan, berkat semangat dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, DWP Boalemo, sukses menggelar pelatihan dengan diikuti oleh sekitar 100 orang peserta. Sebanyak 50 orang dari DWP Boalemo, 50 lainnya, dari masyarakat sekitar Wisata Bolihutuo.

Harapannya, jika pelatihan ini menjadi sarana informasi kepada ibu-ibu untuk meningkatkan pengetahuan mereka terhadap berbagai produk hasil olahan ikan.

"Nantinya ini akan menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan ekonomi di tengah keluarga mereka," tuturnya.

Mereka juga berencana akan membentuk UMKM binaan khusus bagi ibu-ibu Dharma Wanita dan juga anggota masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Agar kemudian semua bisa menghasilkan satu produk unggulan di Boalemo meskipun pandemi belum berakhir," ia menandaskan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.