Sukses

Keunikan Hi'a Beach, Pantai dengan 3 Warna Pasir di Sikka NNT

Liputan6.com, Sikka - Jika berkunjung ke Sikka, NTT, jangan lupa untuk mampir menikmati keindahan dan keunikan Hi'a Beach. Berlokasi di Dusun Hi'a Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, tempat ini menyuguhkan keunikan tiga warna pasir pantai, yaitu putih, hitam, dan merah jambu. Tak hanya itu, air lautnya yang bersih cocok menjadi spot snorkeling, apalagi banyak biota laut memukau yang bisa disaksikan.

Lokasi Hi'a Beach dari pusat Kota Maumere berjarak sekitar 60 kilometer, dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Rutenya, Kota Maumere menuju Desa Nebe, kemudian belok kiri menuju Desa Lewomada.

Hamparan pasir dengan kolam air payau yang cukup besar, dikeliling oleh hutan sentigi dan bakau dan tawaran alam bawah laut yang menjadi spot snorkeling baru di Kabupaten Sikka menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Hi'a Beach. Apalagi pantai ini juga menawarkan beragam menu kuliner seafood yang lezat.

Hi'a Beach kini dikelola warga Dusun Hi'a di bawah koordinasi Pemerintah Desa Lewomada. Fasilitas yang disiapkan saat ini berupa belasan lopo yang berada di pesisir pantai, tempat duduk di tengah hutan sentigi, tempat parkir, hingga spot-spot foto selfie bagi pengunjung. Untuk toilet, masih menggunakan toilet milik warga sekitar.

Intha Piling, masyarakat sadar wisata Desa Hi'a, kepada Liputan6.com akhir pekan silam mengatakan, warga saat ini hanya bisa mempromosikan Hi'a Beach lewat media sosial, dan membangun beberapa fasilitas wisata tambahan seadanya.

Intha mengatakan, ide pengembangan Hi'a Beach awalnya datang dari ide seorang Pelaksana Harian Kepala Dusun Hi'a, Silivester Paskalis Vinen, yang melihat potensi besar Hi'a Beach untuk menjadi destinasi wisata baru di Sikka, NTT.

Ide itu kemudian mendapat respons positif dari warga setempat dan secara bergotong-royong mulai membersihkan areal pantai dan membangun beberapa fasilitas.

"Ide itu juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Lewomada, Bhabinkamtibmas, Pastor Paroki Nebe dan Tim Pendamping Desa Kecamatan Talibura," sebutnya

Selain itu, respons cepat dari Pemerintah Desa Lewomada adalah dengan membuat grand design wisata Desa Lewomada dan memasukannya kedalam rancangan RKPDes tahun 2021 guna mendukung pengembangan wisata Pantai Hi'a, serta menyiapkan manajemen pengelolaannya.

"Kendala yang dihadapi saat ini adalah rusaknya akses jalan menuju Pantai Hi'a di Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Propinsi NTT yang mengalami rusak berat," ungkapnya.

Sementara Valentina Maria, salah satu pengunjung, mengakui keindahan Hi'a Beach dan hamparan pasir putihnya sangat menakjubkan.

"Kalau terus dikembangkan dan dipromosikan dengan baik, pasti akan banyak pengunjung yang datang untuk menghabiskan waktu liburan di sini," ujarnya.

Di pantai Hi,a kita tidak hanya menikmati saja pantainya tetapi kita juga bisa menikmati pesona laut, kolam air payau, dan hutan bakau yang ada di sekitar pantai.

"Memang destinasi pantai Hi'a ini baru dikembangkan dan baru dibuka, tetapi kalau sudah ada respons baik dari pengunjung yang datang, setidaknya pemerintah atau pihak pengelola untuk memperbaiki atau membenahi lagi fasilitas yang belum ada seperti toilet umum dan jalan menuju pantai Hi'a," pungkasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: