Sukses

Jangan Lengah, Anak-Anak Kini Lebih Hafal Lagu TikTok daripada Pahlawan Nasional

Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono mengaku prihatin dengan banyaknya video yang menyebar di media massa yang menunjukkan anak-anak tidak mengenal pahlawan nasional.

Liputan6.com, Yogyakarta - Siswa-siswa sekolah dan mahasiswa tengah beradaptasi dalam masa new normal menghadapi pandemi Covid 19. Oleh karena itu, Polri pun mengingatkan agar masyarakat tidak lengah protokol kesehatan. Selain itu, orang tua dan lingkungan juga bertanggungjawab menerapkan nilai-nilai kebangsaan kepada anak-anak yang kelak menjadi penerus bangsa, dan pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono mengaku prihatin dengan banyaknya video yang menyebar di media massa yang menunjukkan anak-anak tidak mengenal pahlawan nasional, dan lebih mengenal youtuber-youtuber yang sering mereka lihat.

Yang lebih menyayat, lanjut Argo, saat ditanya soal lagu-lagu nasional. Mereka lebih tahu dan hafal lagu-lagu yang ada pada tik-tok yang viral di media sosial.

"Inilah yang menjadi tantangan kita semua dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di tengah pandemi Covid 19," kata Argo dalam Webinar di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogyakarta, Sabtu (7/11/2020).

Dalam webinar bertajuk “Makna Penting Wawasan Kebangsaan Dalam Menumbuhkan Ketahanan Nasional Di Tengah Pandemi” itu, Kadiv Humas Polri mengajak semua pihak untuk bergotong royong membantu mempertahankan nilai-nilai kebangsaan.

Tujuannya, agar tertanam dan tidak luntur di tengah kemajuan Information Technology (IT) yang terus melejit di tengah pandemi Covid 19, sehingga kelak anak-anak mempunyai nilai nasionalis yang tinggi.

Rektor UKDW Jogjakarta, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. mengakui bahwa pandemi Covid-19 sedikit banyak telah memporak-porandakan harmoni kehidupan antar sesama umat, antar sesama warga bangsa.

"Karena itu kita perlu kembali melakukan gerakan bersama untuk mempererat kembali harmoni kebangsaan antar sesama komponen bangsa," ujar Hendry.

Terkait hal itu Kepala Kesbangpol DIY, Djoko Nuryanto, mengingatkan pentingnya sosialisasi mengenai Wawasan Kebangsaan sejak dini kepada masyarakat.

"Wawasan Kebangsaan diharapkan mempengaruhi perilaku kepada setiap warga negara dalam posisi apapun," tutur Djoko.

Ia mengingatkan, Wawasan Kebangsaan memuat setidaknya 4 hal yang mengikat semua warga negara, yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggak Ika, dan NKRI.

Adapun dosen Fisipol UGM Dr. Dafri Agussalim mengakui banyaknya kontroversi terkait pandemi Covid 19 telah memunculkan rasa saling curiga antar masyarakat. "Kalau ada kawan dari Jakarta orang daerah curiga jangan-jangan bawa Covid 19," ungkapnya.

Sementara dosen UKDW Dra. Endah Setyowati mengingatkan pentingnya peran perguruan tinggi dalam situasi sulit akibat berkepanjangan pandemi Covid-19.

"Perguruan tinggi merupakan tempat yang strategis untuk merumuskan upaya-upaya memperkuat mengatasi masa-masa sulit akibat pandeni," tutur Endah seraya menambahkan, termasuk di dalamnya memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.