Sukses

Satu Dokter Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Salo Ditutup Sementara

Liputan6.com, Pinrang - Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang ditutup sejak Senin (26/10/2020). Penutupan sementara itu terpaksa dilakukan lantaran seorang dokter terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sejak kemarin ditutup pelayanannya karena ada dokter yang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Dyah Puspita Dewi, Selasa (27/10/2020).

Dengan ditutupnya pelayanan di Puskesmas Salo, pelayanan kesehatan pun dialihkan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat lainnya. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak khawatir atas kejadian tersebut.  

"Penutupamnnya sampai batas waktu yang belum ditentukan jadi pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas terdekat," terangnya.

Dyah Puspita Dewi menerangkan bahwa dokter tersebut memang sebelumnya sering bepergian ke luar daerah, terutama Kota Makassar. Belakangan ia merasa kurang enak badan sehingga memeriksakan kesehatannya sekaligus menjalani uji swab di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Makassar. 

"Hasil swabnya keluar minggu pagi dan dinyatakan positif Covid-19, saat ini dia menjalani isolasi mendiri di rumah sakit," terangnya. 

Saat ini, total tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pinrang berjumlah 12 orang. 12 tenaga kesehatan itu terdiri dari dua dokter dam 10 perawat, bidan hingga petugas loket. 

"Jumlah Nakes terpapar Covid-19 sejak bulan Maret hingga Oktober 2020 hari ini sebanyak 12 orang. Sebagian besar perawat itu sudah sembuh," dia memungkasi. 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: