Sukses

Relaksasi di Kedung Londo, Sungai Alami yang Belum Tersentuh Turisme

Siapa yang sangka pegunungan Kendeng Utara ternyata menyimpan beragam keindahan alam, salah satunya Kedung Londo

Liputan6.com, Blora - Siapa yang sangka pegunungan Kendeng Utara ternyata menyimpan beragam keindahan alam, salah satunya Kedung Londo yang lokasinya terletak di Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Ahmad Zainal Mutaqin (34) seorang pengunjung mengakui, suasana di Kedung Londo masih sangat asri lantaran kawasan itu nyaris belum tersentuh turisme. Lokasinya yang jauh dari pemukiman warga, berada di sekitar Kedung Londo bisa mendatangkan perasaan tenang dan nyaman.

Kedung Londo sendiri merupakan aliran sungai alami yang lokasinya berada di tengah hutan. Airnya yang jernih dikelilingi bebatuan cadas besar dengan vegetasi yang padat, membuat lokasi ini cocok untuk relaksasi atau sekadar bermain air. 

"Kalau ingin mengunjungi kawasan Kedung Londo, jika kita dari alun-alun Blora untuk menuju kesana, harus menuju ke arah Kecamatan Jepon terlebih dahulu,"katanya kepada Liputan6.com, Senin (3/8/2020)

Sesampai di Jepon, katanya, peralanan dilanjutkan mengikuti petunjuk jalan menuju Kecamatan Bogorejo, dan masuk ke jalan Desa Gayam.

"Dari Desa Gayam, ikuti papan petunjuk menuju Bukit Pencu, nah tak jauh dari situ ada papan petunjuk menuju Kedung Londo," kata Zainal.

"Wisatawan harus cermat mengamati papan petunjuk menuju Kedung Londo. Sebab papan tersebut dibuat dari potongan papan kayu jati yang hanya ditulis tangan dan di tempel di pohon Jati," imbuhnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Instagramable

Puji Lestari (22), pengunjung lainnya mengatakan, lokasi air terjun Kedung Londo hanya bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua.

Dia mengungkapkan, pengunjung jika hendak kesana akan dimanjakan suasana masuk hutan jati dengan mengikuti jalur setapak. Jika sudah terdengar suara gemercik air, itu pertanda sudah dekat lokasi setempat.

"Dijamin sesampainya di lokasi, hasrat ingin mandi pasti muncul. Airnya masih jernih, berwarna biru dan hijau. Selain itu, suara kicauan burung-burung semakin menguatkan pesona alam ini layak dikunjungi," ungkapnya.

Lebih lanjut Puji menyampaikan, bagi yang suka berfoto, Kedung Londo sangat instagramable. Lokasi tersebut juga sangat cocok bagi yang gemar membuka tenda dan kemping.

"Kawasan wisata tersebut tak bertiket, pengunjung hanya cukup mengeluarkan uang Rp2 ribu sebagai biaya parkir yang dikelola pemuda setempat," katanya menambahkan.

 

(Amel Meila)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.