Sukses

Petasan Sisa Asian Games 2018 Meledak di Mako Brimob Polda Sumsel

Liputan6.com, Palembang - Warga Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) dikagetkan dengan bunyi petasan yang super besar, pada hari Minggu (2/8/2020) malam, sekitar pukul 23.30 WIB.

Petasan yang terlihat hingga ke langit di Minggu malam tersebut, ternyata berasal dari Mako Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel. Lokasinya berada di Jalan Srijaya Negara Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang Sumsel.

Video ledakan petasan yang melambung tinggi itu beredar di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, terlihat kobaran api dan asap tebal di atas atap ruang belakang komplek Mako.

Lalu, ada video lanjutan yang berisi suara para anggota yang tinggal di asrama Brimob Polda Sumsel yang mengimbau warga sekitar untuk menjauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Tak lama kemudian, tujuh unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Palembang tiba di TKP, untuk memadamkan kobaran api.

Kebakaran ini sempat membuat panik warga sekitar TKP. Warga yang rumahnya dekat Mako Brimob Polda Sumsel langsung berhamburan keluar rumah.

Udar, warga di sekitar TKP mengatakan, situasi sudah kembali normal, ketika api dapat dipadamkan dalam waktu tak sampai setengah jam.

"Api berkobar dan ada suara ledakan. Sempat mau evakuasi barang-barang di rumah, tapi tidak jadi," ucapnya, Senin (3/8/2020).

Kepala Pos Damkar Gandus Andre mengatakan, kobaran api sebelumnya sudah padam, namun mereka hanya memadamkan potensi api saja.

“Kami terima laporan kebakaran semalam sekitar pukul 23.30 WIB. Kebakaran terjadi di gudang senjata Sat Brimob Polda Sumsel,” katanya.

Usai memadamkan potensi api di TKP, Andre memastikan tidak ada lagi sumber api. Serta tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Menurutnya, lokasi kebakaran berada tepat di belakang pojok kanan komplek Mako Brimob Polda Sumsel. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, yang terbakar adalah petasan sisa perhelatan Asian Games 2018 lalu.

2 dari 3 halaman

Petasan Asian Games

"Kejadian terbakar dan ledakan itu malam tadi di gudang senjata, gudang amunisi di Sat Brimob. Yang meledak itu bukan bom atau amunisi, tetapi petasan sisa Asian Games 2018 lalu," ujarnya.

Diungkapkannya, petasan sisa Asian Games itu memang tidak habis dipakai saat gelaran Asian Gemes. Sehingga seluruh sisa petasan event internasional tersebut, dititipkan ke gudang Mako Brimob Polda Sumsel.

Supriadi memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab hanya satu gudang saja yang terbakar dan langsung dipadamkan.

"Tidak ada korban jiwa, semua yang tinggal di asrama selamat. Amunisi dan alat-alat kita di gudang juga selamat semua," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :