Sukses

Idul Adha, Wali Kota Bengkulu Ajak Masyarakat Kembali Makmurkan Masjid

Liputan6.com, Bengkulu - Dalam momentum hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengajak masyarakat untuk memakmurkan lagi masjid-masjid. Meskipun saat ini masih dalam suasana pandemik Covid-19 di tatanan kehidupan baru ini.

Ajakan tersebut disampaikan Helmi dalam ceramah singkatnya menjelang salat Id di masjid Agung At Taqwa, Bengkulu. Idul Adha, kata Wali Kota Bengkulu juga momentum untuk saling memaafkan dan meningkatkan nilai-nilai pengorbanan bagi agama, bangsa dan negara.

“Mari kita makmurkan kembali masjid-masjid. Cinta Allah sebagaimana cinta hambanya kepada masjid. Allah akan makmurkan hambanya yang makmurkan masjid,” ungkap Helmi di Bengkulu Jumat 31 Juli 2020.

Di masjid Agung At Taqwa, Pemkot Bengkulu mengamanatkan untuk penyembelihan 7 ekor hewan qurban berupa sapi. Total hewan qurban yang diamanatkan untuk diqurbankan di masjid Agung At Taqwa tahun ini 15 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Ini disampaikan ketua pengurus masjid Agung At Taqwa Sahril Syahbudin. Ia mengatakan rinciannya hewan qurban dari Pemkot Bengkulu 7 ekor, dari PT Pelindo 1 ekor dan sisanya dari jamaah masjid Agung At Taqwa.

“Untuk penyembelihan, Sabtu jam 07.00 WIB. Pendistribusiannya sesuai dengan petunjuk akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing, tidak diambil sendiri ke sini. Akan dibagikan kepada sebagian warga di lingkungan masjid, panti asuhan, jamaah masjid, kelurahan dan lain-lain," jelas Sahril.

Usai salat Id, Helmi melakukan serah terima hewan qurban kepada ketua pengurus masjid Agung At Taqwa secara simbolis. Kemudian Helmi membuka acara open house di Balai Kota Bengkulu bagi keluarga besarnya dilanjutkan dengan pemotongan 1 ekor hewan qurban berupa sapi di balai kota yang disembelih langsung oleh Helmi.