Sukses

Cerita Rakyat Asal Usul Burung Ruai dari Kalbar dalam Bingkai Video Animasi

Cerita rakyat Asal Usul Burung Ruai berasal dari Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Mendongeng adalah salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak. Kegiatan yang biasanya dilakukan sebelum tidur itu juga dianggap mampu menguatkan imajinasi dan mempererat hubungan anak dengan orangtua.

Keragaman budaya membuat Indonesia kaya akan dongeng dan cerita rakyat dari berbagai daerah di Nusantara. Selain itu, cerita yang ada pada dongeng sarat akan pesan moral yang bisa dikenalkan kepada anak sejak dini.

Tak melulu lewat bacaan, kini orangtua bisa mengenalkan dongeng anak melalui video animasi menarik. Seperti pada kanal Dongeng Kita yang menyediakan berbagai animasi cerita rakyat Nusantara.

Kali ini, ada cerita rakyat dari Kalimantan Barat yang berjudul Asal Usul Burung Ruai. Bagi masyarakat Melayu yang ada di wilayah Sambas, Kalimantan Barat mungkin sudah tidak asing dengan dongeng ini.

Dilansir dari situs Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dongeng tersebut bahkan diabadikan ke dalam bentuk lagu rakyat yang berkembang.

Cerita Asal Usul Burung Ruai sendiri berkisah tentang seorang anak raja yang bernama Si Bungsu. Diberi nama Si Bungsu lantaran ia merupakan anak terakhir yang dimiliki sang raja. 

Berbeda dari ke-6 kakaknya, Si Bungsu memiliki sifat dan perangai yang baik. Hal itulah yang membuat raja sangat menyayanginya. Namun sayang, kakak-kakaknya iri melihat Si Bungsu begitu dicintai ayahnya.

Akhirnya, keenam kakaknya itu merencanakan sesuatu yang buruk agar Si Bungsu tak bisa kembali lagi ke rumah. Penasaran dengan kelanjutan ceritanya?

Tonton selengkapnya di channel Dongeng Kita yang ada di aplikasi streaming Vidio. Dongeng Kita menyediakan berbagai cerita rakyat yang dikemas dalam bentuk animasi menarik.

Saksikan videonya berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.