Sukses

Semangat Pejuang Veteran di Cirebon Jaga Kesehatan demi Lawan Covid-19

Liputan6.com, Cirebon - Pandemi Corona Covid-19 belum berakhir. Sejumlah upaya mencegah penyebaran terus dilakukan dengan membatasi aktivitas sosial hingga menjaga kondisi tubuh.

Seperti diketahui, Corona Covid-19 bisa menyerang siapa saja terutama rentan bagi warga usia lanjut, termasuk para veteran. Untuk menekan penularannya, upaya menjalankan imbauan pemerintah dan menjaga kesehatan dilakukan oleh pejuang veteran di Kota Cirebon.

Di tengah pandemi covid-19, para pejuang veteran Cirebon terus berjuang untuk terhindar dari covid-19.

"Kami semakin meningkatkan aktivitas untuk menjaga daya tahan tubuh. Meski dari segi fisik terlihat sudah tua kami bersama saling menyemangati agar tidak sakit," kata Ketua Legiun Veteran Indonesia (LVRI) Kota Cirebon, Didi Sukardi, Jumat (17/4/2020).

Sejak keputusan membatasi aktivitas sosial, pengurus LVRI Kota Cirebon memilih di rumah saja. Namun, kata Didi, mereka bukan berarti duduk diam.

Para anggota LVRI banyak mengisi kegiatan fisik di rumah, seperti jogging santai, memasak, hingga berjemur.

"Aktivitas berkumpul dibatasi kalaupun ada pertemuan kami jaga jarak kursi tidak berdekatan," ujar dia.

Menurut dia, mematuhi imbauan pemerintah adalah bagian dari perjuangan melawan covid-19. Dia mengaku kagum dan selalu memberi semangat kepada tim medis yang berjuang menyembuhkan orang terpapar Corona covid-19.

2 dari 3 halaman

Masker hingga Minuman Herbal

Didi mengatakan, sudah memberi imbauan kepada pengurus LVRI Kota Cirebon agar menjaga kesehatan. Mereka menyadari, covid-19 sangat rentan terhadap orang usia lanjut.

"Ada juga beberapa instansi memberi bantuan ke kami dalam bentuk apa pun seperti masker hand sanitizer," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, beberapa anggota fraksi PDIP DPRD Kota Cirebon memberikan bantuan. Berupa masker, hand sanitizer dan minuman herbal untuk menjaga imunitas tubuh.

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati mengatakan, para pejuang veteran memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah Indonesia khususnya Cirebon.

"Mereka pejuang kami terinspirasi perjuangan mereka apalagi ditengah pandemi. Bantuan ini adalah inisiatif kami dari fraksi dan partai," kata Fitria yang juga Ketua DPC PDIP Kota Cirebon.

Fitria mengaku, para veteran merupakan tokoh masyarakat dan bangsa yang sudah turut serta dalam memerdekakan Indonesia, sehingga perlu mendapatkan perhatian.

Selain berbagi, PDI Perjuangan Kota Cirebon juga turut memberikan bantuan APD kepada RSD Gunung Jati Cirebon, sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

"Kami juga memberi sosialisasi terkait teknis pencegahan virus Corona. Termasuk gejala awal saat terpapar, agar bisa dicegah. Alhamdulillah mereka paham dan masih semangat berjuang melawan covid-19. Ini yang membuat kami makin semangat," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: