Sukses

Inspirasi Wirausaha Sosial dari Dua Anak Muda Keren

Contoh anak muda yang sukses merintis wirausaha sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kewirausahaan sosial dapat memajukan ekonomi kerakyatan di era revolusi industri 4.0. Banyak anak muda sudah menjalaninya, di antaranya adalah Arina N. Baroroh dan Alamanda Shantika Santosa. Keduanya berbagi kisah dan inspirasi dalam Millenial Fest Industri 4.0 di Medan, Kamis (3/10/2019) lalu.

Arina adalah project manager Du'Anyam yang beroperasi di Nusa Tenggara Timur dan Papua. Du'Anyam berdiri pada 2014, sampai meluncurkan website e-commerce pada 2019.

Du'Anyam memproduksi dan mendistribusikan kerajinan anyaman untuk beberapa tujuan. Antara lain, untuk memberdayakan perempuan lewat penguatan ekonomi keluarga, mempromosikan budaya lokal, dan meningkatkan kesejahteraan, khususnya ibu dan anak.

"Kami waktu masih fresh graduated, belum punya pengalaman dan belum ada tabungan, gimana mau pinjam ke bank? Terus kalau sudah ada uang, bagaimana mengembangkan operasionalnya? Kemudian bekerja di startup itu harus multitasking, merangkap tugas-tugas dari berbagai divisi," ujar Arina.

Terkait rekruitmen staf, Arina menemui kendala dari sisi pendanaan untuk upahnya. Selain itu, kebutuhan perusahaan dengan tenaga kerja yang tersedia seringkali tidak cocok. Ada lagi dari segi kapasitas produksi yang masih rendah. Komunitas terkadang belum bisa menjawab kebutuhan pasar.

Kaitannya dengan revolusi industri 4.0, Du'Anyam sudah menggunakan teknologi aplikasi monitoring produksi. Hal ini menantang bagi Arina, karena sebelumnya para pekerja tak biasa memegang smartphone, tetapi kemudian tantangan berhasil dilalui.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Binar Academy

Sementara itu Alamanda selaku project director Binar Academy, juga memiliki semangat yang sama. Perempuan berusia 31 tahun itu, sejak kecil sudah belajar coding. Sejak saat itu ia mulai mencintai dunia teknologi.

Saat berniat mendaftar kuliah, ekonomi keluarga Alamanda sedang jatuh, karena ayahnya harus berobat. Ketika itu, yang bisa dilakukan Alamanda hanya membuat website. Ia berusaha mendapatkan penghasilan dengan kondisi yang sangat terbatas.

"Sampai suatu ketika ada teman yang minta saya bikinin website, jadilah website-nya. Sejak itu banyak yang order website ke saya,"ujar Alamanda.

Pada usia 21 tahun, Alamanda mendirikan perusahaannya pertamanya, sebagai provider website. Namun, karena merasa bekal untuk menjadi entrepreneur-nya masih kurang, Alamanda memutuskan untuk bekerja dulu di sebuah perusahaan.

"Saya teringat dengan perkataan bapak. Untuk bekerja dengan orang pun saya harus memulai dari nol. Boleh saja kita melangkah cepat, tapi di setiap tahapnya ada lesson yang harus benar-benar kita pahami,"pungkasnya.

Pada waktu itu Alamanda berperan sebagai orang yang meramu ide-ide inovasi dari Nadim Makarim di Gojek. Ia merasa bangga pernah menjadi bagian dari Gojek, apalagi dirinya juga punya peran saat decacorn ini masih merintis.

Tetapi, dari pengalaman itu, Alamanda merasa ada sesuatu yang hilang. Ia kemudian memutuskan keluar dari Gojek dan bertekad menjadi orang yang berguna untuk orang lain. Untuk itu, ia mendirikan Binar Academy.

Alamanda melihat pendidikan dan kebutuhan industri tidak berjalan selaras, sehingga ia perlu membuat sebuah startup pendidikan. Binar Academy menyediakan berbagai program pendidikan yang berhubungan dengan teknologi informasi.

"Bagaimana kita memutar uang dalam bisnis sosial ini dari perusahaan yang hire anak-anak Binar Academy. Mereka nggak perlu bayar uang muka untuk sekolah, yang bayar adalah perusahaan-perusahaan yang mau rekrut mereka,"ujarnya.

Alamanda kemudian memaparkan berbagai kunci sukses mengembangkan produk. Pertama, kita perlu memahami customer.

"Ini salah satu yang sering dilupakan orang. Customer terdiri dari berbagai kalangan, sehingga kita perlu mengidentifikasi setiap orang," katanya.

Berikutnya yang tak kalah penting adalah memiliki visi besar. Tetapi, tetap berpikir sederhana dan pragmatis.

Penting juga bagi wirausaha sosial untuk membentuk sebuah tim sebagai langkah awal memperbanyak ide. Sebab, kunci utamanya bukan ide tetapi orang yang mengeksekusi ide tersebut.

Saat produk sudah sukses di pasaran, seringkali wirausaha enggan mendengarkan orang lain, terutama customer. Menurutnya, penting bagi wirausaha untuk mau mendengarkan dan belajar dari kesalahan.

Dia mengatakan anak muda kerap mengeluh soal peran pemerintah dan ekosistem terhadap inovasi mereka. Menurutnya ini mindset yang salah.

"Jika kita ingin mengubah dunia, jangan menunggu pemerintah. Yang harus dilakukan adalah ikut membantu pemerintah memajukan Indonesia," tutur Alamanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.