Sukses

Deretan Prestasi Claudia Emmanuela, Gadis Cirebon yang Gegerkan Panggung The Voice of Germany

Liputan6.com, Cirebon - Claudia Emmanuela Santoso (18), gadis asal Cirebon ini belakangan tengah viral dan menjadi perbincangan hangat di jagat maya maupun Indonesia karena berhasil lolos Blind Audition di The Voice of Germany beberapa waktu lalu.

Pada penampilannya, gadis manis yang akrab disapa Audi membuat empat juri The Voice of Germany terpukau. Audi yang membawakan lagu Never Enough yang merupakan sountrack film The Greatest Showman mendapat standing ovation dari keempat juri yakni Mark, Alice, Sido, dan Rea.

Bahkan, Claudia diminta menyanyikan lagu yang dibawakannya itu kembali di hadapan para juri dan penonton The Voice of Germany. Namun siapa sangka, deretan prestasi telah diraih Claudia Emmanuela Santoso sejak masih usia dini.

Christine, ibunda Claudia mengatakan Claudia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Christine melihat bakat sang anak menyanyi sejak Claudia usia balita.

"Tiap mau tidur selalu maunya dengar musik dulu lagu apa pun yang penting anak-anak salah satunya Trio Kwek Kwek. Makannya sampai sekarang anak saya dekat dengan salah satu personelnya Leony," ujar Christine, Senin (16/9/2019).

Sebelum tampil dan memukau juri di ajang pencarian bakat di Jerman, Claudia memukau para juri di sejumlah kompetisi menyanyi di Cirebon maupun luar daerah.

Claudia kerap mewakili sekolahnya di SMA BPK Penabur Cirebon mengikuti kompetisi menyanyi. Dia mengatakan, sejak kecil Claudia selalu mendapat juara dalam setiap lomba menyanyi tingkat Kota Cirebon.

"Pernah juga ikut Top Kids Singing kontes gitu saat itu masih usia 12 tahun terpilih 20 besar dipanggil ke Jakarta lolos 5 besar dan menang. Padahal, waktu itu kondisi Audi sedang panas tapi dia tetap ikut dan mampu membuktikan," ujar dia.

Pada perjalanan karir di dunia musik, Claudia Emmanuela pernah ikut ajang pencarian bakat Idola Cilik. Hanya saja, kata Christine, sang anak hanya bisa lolos 20 besar di Bandung dan sampai ke audisi yang diseleksi oleh artis Mama Ira.

Dia menuturkan, Audi tidak lolos ke-10 besar karena dinilai bukan karakter yang diinginkan oleh penyelenggara. Hingga akhirnya, memasuki usia 13 tahun, Claudia lolos ke ajang pencarian bakat Mamamia.

2 dari 2 halaman

Mewakili Kota Cirebon

"Di Mamamia masuk 12 besar dari Cirebon itu untuk yang pertama kalinya sekitar tahun 2014 sampai 2015. Audi tereliminasi bukan karena kemampuannya tapi kalah polling SMS saja," kata Christine.

Seiring bertambahnya usia, Claudia berhasil mewakili Kota Cirebon dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat provinsi.

Di ajang FLS2N ini, Claudia meraih juara 1 dan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional. Christine mengaku puas dengan perjuangan Claudia meski di tingkat nasional hanya masuk 5 besar.

"Tidak menyangka waktu mewakili Kota Cirebon di Jawa Barat juara 1 padahal kompetitornya di Jawa Barat banyak sekali. Selain itu Audi membawakan lagu-lagu Sunda dan berhasil memukau juri," ujar dia.

Sederet prestasi yang diraih Claudia tersebut melalui proses perjuangan yang cukup berarti. Christine mengaku, sang anak memiliki semangat dan mau bekerja keras.

Claudia dinilai memang sudah membulatkan tekad untuk mengikuti ajang pencarian bakat The Voice. Christine mengaku, The Voice of Indonesia pernah menghubungi Claudia untuk mengikuti audisi tertutup.

Namun, saat itu sang anak sudah terlanjur berada di Jerman mengikuti sekolah penyetaraan sebelum memasuki kuliah. Hingga lulus SMA, Claudia tengah bersiap melanjutkan kuliah di Jerman sambil ikut The Voice of Germany.

"Perjuangan Audi memang tidak sia-sia semua butuh proses dan sekarang juga masih terus berjuang di The Voice Jerman mohon doa dari masyarakat Indonesia agar Audi menang," harap Christine.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketika Densus 88 Menelusuri Jejak Teroris di Cirebon
Artikel Selanjutnya
Gaya Mengecoh Pimpinan JAD Cirebon Kelabui Warga