Sukses

Cerita Warga Bantul Rasakan Guncangan Gempa Magnitudo 5,1

Liputan6.com, Bantul - Sebagian warga DI Yogyakarta (DIY) merasakan gempa bumi dengan parameter magnitudo 5,1 SR pada Sabtu 10 Agustus 2019, pukul 20:26:41 WIB.

Gempa dengan kedalaman 10 km dirasakan warga di Kecamatan Kretek dan Sanden, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Warga di wilayah tersebut merasakan getaran sedang hingga kuat sekitar 4 – 5 detik.

Beberapa warga di wilayah lain di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Sambisari, Kalasan, dan Purwomartani merasakan getaran sekitar 1-2 detik. Di wilayah kecamatan Kasihan Bantul, Gempa bumi dirasakan cukup kuat selama sekitar 5 detik, bahkan sebagian warga sempat berlarian keluar rumah.

Abram, salah satu warga dusun Gisik Kasongan Bantul, mengaku gempa terasa cukup kuat di dalam rumah. Dirinya sendiri sempat berlari keluar rumah bersama adik perempuannya.

"Terasa kuat gempanya, adik saya sempat panik dan menangis, kami beberapa saat tidak berani masuk rumah meski gempa hanya terasa sekitar 5 detik," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara Evan, warga Perum Guwosari Pajangan Bantul, mengaku merasakan gempa tapi tak begitu keras, bahkan sebagian tetangganya tak merasakan gempa tersebut.

“Hanya sekitar 2-3 detik, saya sedang bersandar ke dinding sehingga cukup terasa, namun tetangga yang lain tak merasakannya,” tutur Evan.

Warga lainnya yang sedang mengendarai kendaraan mengaku tak merasakan gempa tersebut, tapi Supri, warga Kulonprogo yang tengah berada di jalan Imogiri Barat merasakan gempa tersebut cukup kuat meski hanya sekitar 2 detik.

“Saat itu terjadi kemacetan karena adanya arak-arakan takbiran keliling, saya berhenti, tiba tiba motor saya seperti dihentak, saya pikir tertabrak kendaraan lain, namun ternyata tidak, sedang pengendara lain malah tidak merasakannya.” Kata Supri saat ditemui di perjalanan pulang.

BMKG merilis gempa tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada 105 km barat daya Bantul, D.I. Yogyakarta. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini, namun pemantauan terus dilakukan oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Bantul.

Wilayah Bantul pernah mengalami gempa besar pada 2006 dengan kekuatan 5,9 SR selama 59 detik, yang mengakibatkan ribuan warga meninggal serta luka-luka dan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Gandeng Jepang, Kemkominfo Kembangkan Teknologi Peringatan Gempa dan Tsunami
Artikel Selanjutnya
BMKG: Gempa Hari Ini Guncang Bumi Parahyangan Dua Kali