Sukses

Si Jago Merah Lalap Taman Gua Jepang di Lhokseumawe

Insiden kebakaran di Taman Wisata Gua Jelang Lhokseumawe terjadi pada Selasa sore.

Liputan6.com, Aceh - Kawasan Taman Wisata Gua Jepang di Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh, dilalap si jago merah pada hari Selasa (11/6/2019). Jilatan api membakar kawasan tersebut pada hari Selasa (11/6/2019).

Diungkapkan Ridwan Puteh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe Aceh, insiden kebakaran tersebut terjadi pada sore hari, sekitar pukul 15.30 WIB.

"Petugas langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan mengerahkan empat unit armada pemadam kebakaran," ujarnya, Rabu (12/6/2019).

Lahan Taman Wisata Gua Jepang di Lhokseumawe yang ditumbuhi ilalang kering, habis terbakar kobaran api. Pemadam kebakaran baru bisa memadamkan api sekitar dua jam.

Jilatan api juga menyambar lahan di luar taman wisata tersebut kurang lebih seluas 3 Hektar. Namun kerja sama dan kesigapan petugas dari berbagai unsur pendukung, kebakaran lahan tersebut dapat diatasi.

"Kebakaran taman wisata ini bisa diatasi dengan mengerahkan dua unit Damkar dari Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe, satu unit Damkar PT PAG dan satu unit Damkar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca yang terik disertai angin kencang, sangat berpotensi besar terjadi kebaran, baik di lahan yang ditumbuhi ilalang kering maupun di pemukiman warga.

BPBD Kota Lhokseumawe terus menghimbau kepada para warga, agar tidak lengah jika adanya pemicu kebakaran.

“Membuang puntung rokok yang masih hidup secara sembarangan di lahan kering, atau membakar sampah tanpa kontrol, bisa memicu terjadinya kebakaran lainnya," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.