Sukses

Mengenal Opa Sadam, Sang Pahlawan Jalanan

Liputan6.com, Bone Bolango - Hari menjelang malam, Husain Wadipulu atau yang biasa dipanggil Opa Sadam bergegas merapikan peralatan kerjanya. Ia baru saja selesai menambal jalan rusak di Desa Lopoto’o, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Rutinitas menambal jalan rusak seorang diri yang dilakukan Opa Sadam kini menjadi viral di media sosial. Seorang pengendara yang melintas menyebar foto aksi lelaki berumur 69 tahun itu dan mengundang banyak simpati.

Berbekal pasir, batu kerikil, semen, dan sejumlah peralatan kerja, Opa Sadam sejak pagi hingga sore hari mencari jalan rusak di sekitar desanya untuk ditambal.

"Awalnya saya pakai uang sendiri untuk memperbaiki jalan yang rusak," kata Opa Sadam.

Seingat Opa Sadam, kegiatan menambal itu sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Tidak hanya Desa Lopoto’o, tetapi juga jalan di beberapa desa sekitar.

Ia menceritakan usahanya untuk menambal jalan rusak mendapat perhatian dari sejumlah pengendara yang melintas di desa tersebut. Ada pengendara yang tergerak hatinya kemudian memberikan sejumlah uang.

"Bahkan, ada polisi yang memberikan palang jalan. Biar ada pengamanan saat saya kerja," ujarnya.

Opa Sadam menyebut niat menambal jalan rusak berawal pada tahun 2018 lalu. Saat itu, dirinya merasa iba ada pengendara motor yang sering terluka karena mengalami kecelakaan saat melintasi jalan yang rusak.

"Saya kasihan lihat ada orang kecelakaan, mahasiswa yang kecelakaan, kendaraan yang jatuh di lubang kecelakaan. Jadi, saya mulai tambal jalan yang rusak itu," jelas Opa Sadam.

Dari kejadian itu, Opa Sadam membulatkan tekad untuk mulai menambal jalan rusak. Ia pun berharap apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi orang lain.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Misteri Gunung Hibata, Keanehan Terjadi Saat Menyebut Hewan Kampung
Artikel Selanjutnya
Ngebet Nikahi Gadis Desa di Gorontalo, WNA Tiongkok Nekat Langkahi KUA