Sukses

Ahli Astronomi Bakal Berdatangan ke Pegunungan Timau NTT, Ada Apa di Sana?

Ahli astronomi dari berbagai penjuru dunia dipastikan akan berdatangan ke pegunungan Timau.

Liputan6.com, Kupang - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan menetapkan pegunungan Timau di Kecamatan Amfoang Tengah, sebagai kawasan wisata internasional. Ini seiring langkah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) membangun observatorium nasional di pegunungan itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabupaten Kupang, Charles Amekan, mengatakan rencana menjadikan kawasan pegunungan Timau sebagai lokasi wisata internasional untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara itu menyusul mulai dibangunya fasilitas observatorium terbesar di Asia Tenggara.

Ia mengatakan kehadiran Observatorium Nasional Timau berdampak positif terhadap percepatan pembangunan sektor pariwisata di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.

"Kehadiran Observatorium Nasional Timau memiliki manfaat besar bagi pembangunan daerah ini karena dapat mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat," katanya di Kupang, Minggu (24/2/2019), diansir Antara.

Menurut dia, ahli astronomi dari berbagai penjuru dunia dipastikan akan berdatangan ke pegunungan Timau untuk melakukan penelitian antariksa setelah Observatorium Timau mulai beroperasi pada akhir 2019.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kupang akan memanfaatkan lahan di luar kawasan obersevatorium sebagai lokasi pembangunan fasilitas wisata, sehingga aktivitas penelitian dilakukan para ahli astronomi dari berbagai penjuru dunia tidak tergangu.

"Kami akan berkordinasi dengan pihak Lapan dalam menentukan lokasi pembangunan fasilitas wisata di kawasan itu. Lokasi yang ditentukan Lapan akan dibangun sarana dan prasara guna mendukung kegiatan wisata," tegas Charles.

Charles optimistis kehadiran wisatawan yang datang ke pegunungan Timau akan mempercepat geliat pembangunan ekonomi masyarakat di Amfoang Tengah.

"Kami yakin pertumbuhan ekonomi masyarakat di Amfoang Tengah akan terus bertumbuh dengan kehadiran fasilitas Observatorium nasional ini karena arus kunjungan wisatawan dipastikan akan meningkat ke daerah itu," tambah Charles Amekan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.