Sukses

Fakta-Fakta 2 Kecelakaan Maut Bumiayu di Jalan Layang Kretek

Liputan6.com, Brebes - Kecelakaan maut kembali terjadi di jalan layang (flyover) Kretek, jalur selatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, yang merupakan penghubung Purwokerto-Yogyakarta. Kali ini truk tronton menabrak 10 sepeda motor dan 5 mobil yang ada di depannya.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Muhammad Rikha Zulkarnain, menyebut kecelakaan tersebut terjadi diduga karena truk tronton mengalami rem blong, sehingga tak terkendali dan menabrak sejumlah kendaraan tersebut. Truk akhirnya berhenti di tempat parkir RS Siti Aminah Bumiayu.

"Truk dari arah Purwokerto menuju Tegal. Ketika turunan di flyover, diduga rem blong, truk tak terkendali dan menabrak 10 motor dan lima mobil," katanya, Senin (10/12/2018).

Sejauh ini jumlah korban tewas dari kecelakaan itu sebanyak empat orang. Sementara korban lain sudah dibawa ke rumah sakit dan puskesmas terdekat.

"Kendaraan yang kecelakaan masih dalam proses evakuasi," ujarnya.

Kecelakaan 7 Bulan Lalu 

Kecelakaan serupa di lokasi yang sama terjadi pada 20 Mei 2018. Sebuah truk hilang kendali saat melaju di turunan jalan layang Kretek. Truk menabrak sejumlah kendaraan dan rumah.

Kecelakaan maut kala itu juga melibatkan sebuah truk tronton. Usai melewati jalan turunan usai jalan layang Kretek, truk bernopol H 1996 CZ bermuatan gula pasir menabrak 13 sepeda motor, satu unit mobil, menghancurkan tujuh bangunan rumah, dan satu kios konter handphone.

Peristiwa kecelakaan maut ini terjadi sore menjelang waktu berbuka puasa, sekitar pukul 16.10 WIB. Saat itu kondisi jalanan di lokasi kejadian cukup ramai.

Akibat kejadian ini, 10 orang meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan dua korban lainya meninggal dunia saat dalam perawatan medis di RSUD Bumiayu. Adapun korban luka-luka sembilan orang.

Informasi yang diterima Liputan6.com, truk tronton berwarna merah itu tengah melaju dari sebuah pabrik di Kabupaten Cilacap menuju Jakarta. Saat melintasi jalan layang Kretek, truk dalam kondisi normal. Namun, karena kondisi jalanan yang menurun, rem truk tidak berfungsi alias blong, hingga truk oleng.

Sopir truk banting setir ke kiri dan menabrak satu unit mobil. Tak hanya itu, truk yang terus melaju tak terkendali menabrak 13 unit sepeda motor di depannya ataupun dari arah berlawanan di jalanan yang menurun.

Truk baru berhenti setelah menabrak tujuh rumah di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu. Belasan sepeda motor dan mobil pun ringsek ditabrak truk tersebut.

Tak lama setelah peristiwa kecelakaan maut , polisi datang ke lokasi kejadian dan mengevakuasi badan truk yang saat itu dalam posisi oleng menutupi separuh badan jalan.

Saksikan video berikut ini:

GYMNASIUM KHUSUS UNTUK REPTIL, PERTAMA DI DUNIA

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
4 Orang Tewas, Begini Kronologi Kecelakaan Bumiayu
Artikel Selanjutnya
Truk Hilang Kendali, Kecelakaan Maut di Bumiayu Kembali Terjadi