Sukses

Sempat Ditolak, Izin Jalan Santai Neno Warisman dan Ahmad Dhani di Solo Akhirnya Keluar

Polisi mengeluarkan surat izin kepada panitia jalan santai umat Islam yang akan dihadiri Ahmad Dhani dan Neno Warisman dengan catatan.

Liputan6.com, Solo - Polresta Solo mengeluarkan izin jalan santai umat Islam dan masyarakat Solo yang akan dihadiri Ahmad Dhani dan Neno Warisman di Solo, Minggu, 9 September 2018.

Meski demikian, lokasi jalan santai harus dipindah dari Kottabarat ke Gladag. Hal ini dilakukan agar tidak berbarengan dengan kegiatan peringatan Haornas yang digelar Pemkot Solo di Lapangan Kottabarat.

Kapolresta Solo, Kombes Ribut Hari Wibowo mengaku kepolisian telah mengizinkan kegiatan jalan santai tersebut, hanya saja lokasinya dipindah ke Gladag. Sebelumnya, panitia kegiatan tersebut tetap keukeuh untuuk menggelar jalan santai di Kottabarat.

“Semua sudah sesuai dengan ketentuan. Acara yang dilaksanakan sudah sesuai dengan PP No 60 Tahun 2017 dan kita sudah memproses perizinan tersebut,” kata dia usai memimpin apel di Lapangan Kottabarat, Solo, Sabtu (8/9/2018).

Ribut mengungkapkan pindahnya lokasi kegiatan jalan santai umat Islam dan masyarakat Solo itu dilakukan supaya tidak ada penumpukan massa di satu titik. Dalam peringatan Haornas besok di Solo terdapat sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak peserta.

“Dengan demikian tidak akan overload karena besok ada tiga acara, yaitu gowes di Manahan, peringatan Haornas Pemkot Solo di Kottabarat, dan jalan santai di Gladag. Ini dilakukan supaya masyrakat yang datang bisa merayakan dnegan nyaman dan aman,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ahmad Dhani dan Neno Warisman Direncanakan Hadir

Untuk menjaga keamamanan di Kota Solo selama peringatan Harornas,  ia mengerahkan anggota polisi sebanyak 2.300 personel. Polisi tersebut berasal dari Polda Jawa Tengah dan jajaran Polres di wilayah Solo Raya.

"Pasukan polisi dari Polda dan Polres se-Solo Raya diterjunkan untuk memastikan besok bisa berlangsung dengan lancar dan aman. Anggota tidak boleh menggunakan senjata. Pengamanan dilakukan secara humanis dan simpatik," harapnya.

Sementara itu, humas panitia jalan santai umat Islam dan masyarakat Solo, Endro Sudarsono mengatakan hasil koordinasi antara panitia dengan Kapolresta Solo bahwa kegiatan jalan santai yang awalnya akan digelar di Kottabarat, dipindahkan ke Gladag, Solo. Pemindahan lokasi itu menyebabkan rute jalan santai ikut berubah.

"Rute jalan santai besok itu dari Gladag terus Kanto BI Solo ke barat. Nanti smpai di Keprabon ke selatan menuju Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke Gladag," ujarnya.

Terkait rencana kedatangan Neno Warisman dan Ahmad Dhani, ia belum bisa membocorkannya kepastiannya. Endro meminta supaya menunggu hingga hari besok untuk memastikan apada mereka hadir dalam acara tersebut.

"Kita lihat besok saja," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.