Sukses

Momen Pelukan Jokowi-Prabowo di Asian Games Diabadikan di Jalan Utama Kota Solo

Momen pelukan antara Joko Widodo dan Prabowo bersama atlet pencak silat peraih emas Asian Games, Hanifan, ternyata masih melekat di benak masyarakat Solo.

Solo - Momen pelukan Joko Widodo dan Prabowo bersama atlet pencak silat peraih emas Asian Games, Hanifan, ternyata masih melekat di benak masyarakat Solo. Bahkan, momen haru tersebut diabadikan dalam bentuk seni mural yang dilukis di tembok Rumah Makan Kusuma Sari, yang ada di Jalan Slamet Riyadi.

Sejak tiga hari lalu, mereka membuat karya seni mural menggambar momen Jokowi, Hanifan, dan Prabowo berpelukan.

"Jadi, momen Pak Jokowi berpelukan dengan Pak Prabowo inilah yang ingin kami abadikan," kata Koordinator Muralis Solo, Irul Hidayat, ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa, 4 September 2018.

Peristiwa menyejukkan itu menjadi pesan bagi masyarakat Indonesia dan para pendukung kedua calon presiden pada Pilpres 2019 itu agar mengedepankan perdamaian. Asian Games 2018 tidak hanya menanamkan jiwa sportivitas, melainkan juga mampu menyatukan bangsa Indonesia serta menurunkan tensi politik yang memanas menjelang pilres.

Tidak hanya melukiskan momen Jokowi berpelukan dengan Prabowo, mural yang digarap belasan muralis Solo ini juga melukiskan tokoh-tokoh wanita berpengaruh di Indonesia. Mereka di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta presenter Najwa Shihab dengan kostum olahraga.

Wajah mereka menghiasi dinding Rumah Makan Kusuma Sari. "Mural ini menjadi satu rangkaian setelah Piala Dunia, lalu Asian Games 2018," katanya.

Meski pesta olahraga tingkat Asia ini telah usai, euforia Asian Games 2018 masih terasa di Solo. Hal ini pula yang ingin disampaikan lewat mural oleh para muralis Solo. Para muralis mengerjakan karya seni tersebut mulai pukul 21.00 WIB hingga dini hari.

Mereka menargetkan mural tersebut rampung pada Rabu (5/9/2018). Hasil karya seni mural yang pengerjaannya sudah mencapai 80 persen itu mampu menarik perhatian masyarakat, terutama bagi para pengguna jalan yang melintas di jalan utama di Kota Bengawan tersebut.

Juru parkir Kusuma Sari, Pari H.S., mengatakan tak sedikit pengguna jalan berhenti dan berfoto dengan mural bergambar Jokowi berpelukan dengan Prabowo. Padahal gambar tersebut belum 100 persen jadi.

"Meski belum jadi 100 persen, sudah keliatan gambar wajah Jokowi dan Prabowo pelukan," kata dia.

Dia mengatakan banyak warga menaruh positif atas momen Jokowi dan Prabowo berpelukan, sehingga mereka berfoto dengan background mural tersebut.

"Adem lihat mereka berdua [Jokowi dan Prabowo] pelukan seperti itu," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.