Sukses

Kejadian Langka, Gempa 4,2 SR Goyang Katingan Kalimantan

Liputan6.com, Palangka Raya - Gempa bumi tektonik terjadi di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kamis sore, 12 Juli 2018, sekitar pukul 14.43 WIB. Gempa berkekuatan 4,2 skala Richter (SR) itu tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun H Asan Sampit, Nur Setiawan dalam rilisnya mengatakan pusat gempa terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 km barat laut Palangkaraya, pada kedalaman 5 kilometer.

Dampak gempa tersebut menimbulkan guncangan yang dirasakan di daerah Katingan dan Kasongan dalam skala intensitas IISIG – BMKG atau (III-IV MMI). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ia menyatakan gempa bumi dangkal tersebut akibat aktivitas sesar lokal.

"Daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak atau beberapa orang," katanya, kemarin.

Dia mengatakan, beberapa orang yang panik bahkan berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, tak ada catatan gempa susulan setelah guncangan tersebut.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," ujarnya.

Peristiwa gempa di Pulau Kalimantan ini bukan yang pertama kali, namun tetap terbilang langka. Gempa bumi pernah mengguncang Tarakan, Kalimantan Utara, pada Senin, 21 Desember 2015. Gempa berkedalaman 10 kilometer itu memiliki kekuatan 6,1 SR.

Gempa juga pernah mengguncang Sukamara, Kalimantan Tengah, pada 24 Juni 2016. Gempa berkekuatan 5,1 SR tersebut berpusat di kedalaman 10 kilometer.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading