Sukses

Musim Mudik Lebaran 2018 Usai, Tol Soker Kembali Ditutup

Sejauh ini banyak penggal jalan di jalur Tol Soker Sragen sampai Ngawi yang masih dalam pengerjaan sehingga tidak dapat digunakan.

Sragen - Musim arus mudik dan balik Lebaran 2018 telah selesai. Operasional jalur tol Soker (Solo-Kertosono) dari arah Sragen menuju Ngawi, Jatim pun resmi ditutup per 25 Juni 2018. 

Hal itu disampaikan Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman melalui Kasat Lantas AKP Dani Permana Putra, Selasa (26/06/2018) kepada KRJogja.com. Menurut Dani, seiring arus balik yang sudah mulai berkurang, akhirnya diputuskan operasional Tol Soker hanya akan dibuka untuk Colomadu sampai Sragen saja dan sebaliknya.

"Sedangkan jalur dari Sragen menuju Ngawi akan ditutup. Ini juga berkaitan dengan operasi ketupat candi yang berakhir pada tanggal 24 Juni pukul 24.00 WIB. Dengan demikian jalur je Ngawi ditutup dan hanya sampai di Pungkruk, Sragen saja," ujarnya.

Dani menguraikan, penutupan jalur ke Ngawi juga dikarenakan kondisi jalur tol yang memang belum maksimal. Sejauh ini banyak penggal jalan di jalur Tol Soker Sragen sampai Ngawi yang masih dalam pengerjaan sehingga tidak dapat digunakan.

"Kondisinya banyak penggal jalan atau persimpangan yang belum bisa digunakan dan sangat membahayakan pengendara. Sehingga keputusannya ditutup sementara sampai ada pengumuman lebih lanjut dari pengelola tol," tandasnya.

Menurut Dani, pihaknya belum bisa memastikan kapan tol Soker tersebut akan dibuka kembali. Yang pasti masih menunggu pengumuman dari pihak pengelola jalan tol. Hanya saja pembangunan tinggal menyisakan sedikit di beberapa titik sehingga dimungkinkan tol Soker ruas Solo-Ngawi akan diresmikan dan dioperasionalkan dalam waktu dekat.

Sementara, selama dibuka pada arus Lebaran lalu, Tol Soker terbukti banyak dimanfaatkan para pemudik. Berdasarkan data kepolisian, rata-rata dalam satu menit ada sebanyak 60 kendaraan yang melintas dari arah timur ke barat di ruas tol Soker.

"Adanya jalan tol cukup membantu arus Lebaran lalu. Selama arus mudik dan balik, terjadi satu kecelakaan di akses tol melibatkan mobil Carry. Penyebabnya karena ban pecah dan tedapat beberapa korban luka," tambah Dani.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.