Sukses

Agenda Prosesi Perayaan Waisak di Borobudur

Magelang - Rangkaian Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 yang akan dilakukan umat Buddha akan berlangsung pada Selasa, 29 Mei 2018 mendatang pukul 21.19.13. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk pelaksanaan perayaan Waisak di Candi Borobudur. Salah satunya, rapat koordinasi lintas sektoral yang membahas masalah pengamanan perayaan hari raya umat Buddha itu.

Rapat koordinasi dilaksanakan di Grand Artos Hotel and Convention Magelang yang dipimpin Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jateng Kombes Pol Drs Hariyanto MM, M.Hum, Selasa (22/5/2018).

Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH mengatakan ada sekitar 1.617 personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan rangkaian acara tersebut.

Bahkan, pengamanan sudah dilakukan sejak Jumat dan Sabtu, 25-26 Mei 2018 mendatang pada saat dilaksanakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang dilaksanakan Walubi di Taman Lumbini kawasan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB). Dari 1.617 personel tersebut, sebanyak 1.317 personel dari Polri dan 300 dari TNI maupun lainnya.

Secara terpisah, Karo Ops Polda Jateng kepada wartawan mengatakan pengamanan dilakukan berlapis. Ada sistem pagar betis dan tirai. Masyarakat dan umat Buddha juga diharapkan dapat membantu polisi dalam proses pengamanan Candi Borobudur. Sedangkan Kenneth S Purnama dari DPP Walubi di antaranya mengatakan beberapa kegiatan akan dilaksanakan, selain kegiatan bakti sosial pengobatan gratis tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Pelepasan Lampion

Kegiatan tersebut di antaranya pada Minggu, 27 Mei 2018 dilaksanakan upacara ritual pengambilan api alam Tri Suci Waisak 2562 BE/2018 di Mrapen Grobogan dan sorenya disakralkan di Candi Mendut Magelang.

Senin, 28 Mei 2018, pagi beberapa Bhikku Sangha mengikuti kegiatan pindapata di Kota Magelang, dan Minggu itu beberapa Bhikku juga mengikuti ritual pengambilan air berkah di Umbul Jumprit Temanggung, dan sorenya disakralkan di Candi Mendut.

Selasa, 29 Mei 2018, siang dilaksanakan prosesi Waisak nasional dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur. Detik-detik Waisak 2562 BE/2018 pukul 21.19.13, dan di pelataran Candi Borobudur akan dilaksanakan renungan Waisak, tuntunan meditasi oleh Bhiku Wongsin Labiko Mahathera serta meditasi menjelang detik-detik Waisak.

Selasa malam itu juga akan dilaksanakan pradaksina mengelilingi Candi Borobudur tiga kali, dan umat menuju Gunadharma untuk pelepasan lampion yang dimulai sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Dipercaya Berkekuatan Magis, Penduduk Desa Ini Minum Lumpur

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Batuk Lagi, Hujan Abu Gunung Merapi Sampai Candi Borobudur
Artikel Selanjutnya
Pendakian Hanya Boleh Sampai Pasar Bubrah Meski Status Merapi Normal