Sukses

Pria Mencurigakan Unggah Rekaman Aktivitas Sejumlah Polsek di Pekanbaru

Polisi juga menemukan sebuah tas mencurigakan setelah menggeledah rumah pria di Pekanbaru itu.

Liputan6.com, Pekanbaru - Seorang pria mencurigakan berinisial T ditahan Kepolisian Resort Kota Pekanbaru karena memfoto serta memvideokan sejumlah Polsek di Kota Bertuah. Hasil jepretannya itu kemudian diunggah di Facebook.

Terakhir, pria ini kedapatan merekam aktivitas di Polsek Tenayanraya, Kota Pekanbaru. Dia berusaha kabur ketika ditegur petugas di sana hingga akhirnya berhasil ditangkap dan dimintai keterangannya.

"Didekati berusaha lari, lalu diamankan," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto kepada wartawan, Senin (14/5/2018) siang.

Ditahan di Mapolsek tersebut, barang bawaan T diperiksa. Petugas memang tidak menemukan adanya bahan peledak ataupun bom. Petugas hanya menemukan sebuah benda tajam berupa pisau.

Selanjutnya, T dibawa ke rumahnya di simpang Pasar Tangor, Jalan Trans Sumatera. Di rumahnya berwarna kuning dan berdekatan dengan lapangan bola voli, petugas menemukan sebuah tas mencurigakan.

Tak ingin terjadi apa-apa, tim Gegana dari Satuan Brimob Polda Riau dipanggil ke lokasi. Pemeriksaan intensif dilakukan petugas berbaju khusus secara hati-hati terhadap tas dan menggunakan suatu alat.

"Hasilnya tas itu aman, isinya hanya alat-alat tak berbahaya, tidak ada bahan peledak," kata Susanto.

Meski tak ditemukan benda mencurigakan, T tetap ditahan sementara. Selanjutnya, Polresta Pekanbaru akan berkoordinasi dengan Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Riau serta Brimob.

"Dikordinasikan nanti, apakah dibawa ke Polresta untuk pendalaman atau Polda Riau," ucap Santo.

Pendalaman ini untuk mengetahui maksud T mengunggah hasil jepretan kameranya ke Facebook. Termasuk, mendalami apakah T bergabung dengan organisasi berfaham radikal di Indonesia.

"Tim siber Polresta dan tim siber Polda sedang bekerja, sedang proses semuanya," kata Santo.

Terkait rangkaian teror yang menimpa sejumlah lokasi di Kota Surabaya, Susanto mengimbau warga tetap tenang. Meski demikian, warga diminta tetap waspada terhadap keamanan diri dan lingkungan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.