Sukses

Gunung Agung Meletus Lagi, Abu Vulkanik Membubung Setinggi 500 Meter

Setelah lama diam, Gunung Agung kembali meletus pada Jumat dini hari, pukul 01.37 Wita.

Liputan6.com, Denpasar - Gunung Agung kembali "menggeliat". Setelah lama diam, gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali meletus pada Jumat (6/4/2018) dini hari, pukul 01.37 Wita.

Dalam laporan rutin pengamat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang disusun oleh Anwar Sidiq, saat letusan di Gunung Agung terjadi, cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. Suhu udara 22-22 °C dan kelembapan udara 83-84 persen.

Secara visual ketebalan kabut 0-I hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 500 meter di atas puncak kawah.

"Teramati letusan dengan tinggi 500 meter dan warna asap kelabu," tulis Anwar Sidiq dalam laporan enam jam sekali.

Terekam satu kali gempa letusan, dua kali gempa embusan, dan lima kali gempa vulkanik dalam. Saat ini, Gunung Agung masih berada di Level III atau Siaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Kali Gempa Vulkanik Dalam

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak mendaki, dan tidak beraktivitas apa pun di zona perkiraan bahaya. Zona bahaya itu berada di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi.

Utamanya, pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Areal landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.