Sukses

Ambisi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Jadi yang Terbaik

Liputan6.com, Balikpapan - Kinerja Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan, Kalimantan Utara terbilang cukup fantastis. Meski baru bertransformasi menjadi bandara internasional pada 15 September 2014, tetapi posisinya sudah melesat mendampingi Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, dan Sultan Hasanuddin Makassar.

Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan menduduki peringkat pertama (tertinggi) dari total 85 bandara dunia yang disurvei di triwulan II pada kategori penumpang 5 - 15 juta orang per tahun. Posisi ini meningkat dari posisi triwulan I 2017 di mana Bandara SAMS Sepinggan menduduki peringkat tiga.

"Pada triwulan dua kemarin, kita peringkat pertama," ujar General Manager Bandara SAMS Sepinggan Handy Heryudhitiawan ketika ditemui di Bandara SAMS, Rabu, 25 Oktober 2017.

Namun, Handy melanjutkan, pihaknya tidak lantas berbangga hati dengan prestasi yang diperolehnya tersebut. Pasalnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, salah satunya meningkatkan jumlah pengunjung bandara.

"Saat ini, kita targetkan 7,6 juta pengunjung dalam setahun, tapi masih banyak cara kita untuk mendatangkan lebih banyak penumpang," kata dia.

Saat ini, Handy mengaku tengah menjajaki rencana pembangunan pusat perbelanjaan alias mal. Dia menyadari banyak lahan milik bandara yang belum digunakan.

"Kita punya lahan luas ada 30-an ribu meter persegi untuk komersial area. Jadi rencananya mau dibuat mal. Targetnya bukan hanya penumpang yang datang tapi juga masyarakat. Ini supaya mereka bisa meramaikan bandara," tutur Handy.

Tidak hanya itu, dia melanjutkan, potensi besar datang dari meningkatnya keinginan masyarakat untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Untuk itu, Bandara SAMS akan membuka rute Balikpapan-Jeddah.

"November ini akan dibuka rute ke Jeddah dengan Lion. Intinya, kita ajak teman-teman maskapai untuk membuka rute-rute baru supaya bandara semakin ramai," Handy memungkasi.

Sebagai informasi, saat ini ada 23 destinasi yang dilayani di bandara SAMS Balikpapan. Untuk penerbangan internasional, bandara baru melayani rute dari dan menuju Singapura.

Simak video pilihan berikut ini:

Pria Ditangkap karena Lepaskan 15 Kuda Pacuan

Tutup Video