Sukses

170 Wakil Raja Nusantara Hadiri Peringatan Naik Takhta Raja Solo

Ratusan raja yang berkumpul di peringatan naik takhta Raja Solo tak hanya sekadar berkumpul.

Liputan6.com, Solo - Tingalan Jumenengan Dalem Raja Keraton Kasunanan Surakarta digelar pada Sabtu (22/4/2017). Acara peringatan naik takhtanya Raja Solo itu juga dikuti oleh 170 perwakilan sultan dan raja-raja Nusantara.

Pantauan Liputan6.com, perwakilan raja-raja dan sultan datang sekitar satu jam sebelum dimulainya tingalan jumenengan sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka mengenakan pakaian adat dari masing-masing adat.

Humas Panitia Tingalan Jumenengan Dalem Paku Buwono III Hangabehi KP Bambang Pradotonagoro menjelaskan ada sekitar 170 orang perwakilan raja dan sultan yang menghadiri acara jumenengan.

"170 orang itu perwakilan dari 150 keraton, penglisir dan kasultanan di tanah air," kata dia di Keraton Kasunanan Surakarta.

Perwakilan keraton dan kasultanan tersebut hadir secara khusus ke Solo. Selain menghadiri acara jumenengan, mereka juga menghadiri acara Musyawarah Agung Raja dan Sultan Nusantara di Solo.

"Para raja dan sultan dari Sabang dampai Merauke hadir untuk menghadiri pertemuan Musyawarah Agung Raja dan Sultan Nusantara di Hotel Lorin pada sore nanti," kata Bambang.

Ketua Panitia Musyawarah Agung Raja dan Sultan Nusantara, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mengatakan kehadirannya di Keraton Solo untuk menghormati jumenengan raja yang ke-13.

"Ya selain bermusywarah kita juga untuk menghadiri jumenengan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini