Sukses

Tradisi Tidur Siang di Kampung Halaman JK

Liputan6.com, Makassar - Masjid selalu jadi tempat favorit warga di kampung halaman Wapres Jusuf Kalla atau JK di Makassar, Sulawesi Selatan selama bulan Ramadan. Tak cuma ibadah salat berjamaah, masjid juga dijadikan sebagai tempat istirahat saat siang hari.

Biasanya, sehabis salat berjamaah, jemaah tidur di masjid. Pantauan Liputan6.com, Senin (6/6/2016), ada dua masjid yang ramai oleh warga Makassar yang sedang menjalankan puasa. Yakni Masjid Raya dan Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Sunu, Makassar.

Mayoritas jemaah di dua masjid ini beristirahat usai melaksanakan salat berjamaah. Meski juga ada jemaah lain yang memanfaatkan waktunya mengisi waktu membaca Al Quran atau tadarusan di masjid.

"Sudah jadi tradisi juga karena lebih nyaman dan udaranya sejuk sehingga kita manfaatkan istirahat sejenak sambil tunggu waktu salat Ashar," kata Rizal (42) seorang karyawan swasta yang ditemui saat hendak tidur siang di Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Sulsel.

Ia mengakui tradisi istirahat siang di masjid sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya di bulan suci Ramadan. Apalagi, kata dia, cuaca di luar cukup panas.

"Yah nggak masalah kan, tidur itu terhitung ibadah bagi mereka yang menjalankan puasa. Daripada ke sana-ke mari dibawa terik panas matahari kan bisa mengganggu lebih baik kami manfaatkan istirahat di masjid sini," ucap Rizal.  

Loading