Sukses

Gara-gara Teroris Santoso, Gunung Ini Ditutup untuk Pendakian

Liputan6.com, Palu - Gara-gara operasi perburuan kelompok teroris Santoso, Gunung Rorekatimbu yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, ditutup untuk pendakian. Pendakian gunung itu baru diizinkan lagi ketika operasi tersebut selesai.

"Ya benar pintu masuk menuju lokasi pendakian masih kami tutup sementara," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna di Palu, Sulteng, seperti dikutip dari Antara, Senin (30/5/2016).

Selama pendakian ditutup karena Operasi Tinombala TNI/Polri, para pecinta alam yang suka mendaki terpaksa hanya berkemah saja di lokasi objek wisata Danau Tambing yang ada di sekitar kawasan itu.

Mereka rata-rata berkemah selama dua malam, yakni setiap hari Sabtu dan Minggu. Meski pendakian gunung masih ditutup, jumlah kunjungan ke Danau Tambing tetap ramai.

Rata-rata setiap hari libur jumlah pengunjung bisa mencapai 200 orang. Danau Tambing terletak pada ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut dan memiliki sejumlah obyek yang menarik, seperti pengamatan anggrek, penelitian burung, dan juga memancing ikan air tawar.

Kebanyakan wisatawan mancanegara yang datang adalah para peneliti burung dari berbagai negara di dunia. Di sekitar objek wisata Danau Tambing terdapat lebih dari 200 jenis burung dan 30 persen di antaranya endemik.

"Itu salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara," ucap Sudayatna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini