Sukses

Kapal Rombongan Pengantin Tenggelam, 3 Orang Masih Hilang

KM Vega tenggelam diduga lantaran kelebihan muatan yang hanya mampu mengangkut 20 penumpang.

Liputan6.com, Balikpapan - Kapal kayu penumpang KM Vega dilaporkan tenggelam di perairan Muara Selangot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis 5 Mei 2016 siang. Kapal rombongan pengantin itu berangkat dari Desa Lori menuju Tanjung Harapan.

"Kami menerima laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Paser dan Kaltim. Kami segera meluncur ke tempat kejadian," kata Kahumas Kantor Badan SAR Kaltim, Mujianto, Jumat (6/5/2016).

Mujianto mengatakan, KM Vega mengangkut 36 penumpang rombongan pengantin yang hendak menyeberang ke Tanjung Harapan. Hingga saat ini, tiga penumpang masih dalam pencarian tim SAR Kaltim.

"Kami menurunkan 12 tim rescue SAR Kaltim terdiri para penyelam dan penyisir Muara Selangot. Namanya belum diketahui," ujar Mujianto.

Dia menduga KM Vega tenggelam lantaran kelebihan muatan yang hanya mampu mengangkut 20 penumpang. Kapal kayu bertenaga motor ini kelebihan 16 penumpang.

"Dugaan kami penumpangnya kelebihan sehingga menyebabkan kapal tenggelam," kata dia.

Kapal lain yang sedang melintas berhasil menyelamatkan para penumpang nahas. Korban dibawa ke Selangot dan Tanjung Harapan. Sisanya, tim SAR Kaltim masih mencari tiga di wilayah perairan Muara Selangot sejauh 12,5 kilometer dari bibir pantai.

Kapal SAR, KM Wisanggeni masih menelusuri perairan tersebut guna mencari korban yang belum ditemukan. Lokasi pencarian akan diperluas guna mengantisipasi korban terbawa ombak ke tempat lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini