Sukses

Mau Divaksin Polio, 25 Balita Ini Ternyata Idap Virus Mematikan

Sebanyak 25 balita diketahui mengidap virus mematikan saat diperiksa petugas Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016.

Liputan6.com, Tanjung Pinang - Sebanyak 25 balita di Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, positif terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Alhasil, mereka tidak dapat diberi vaksin polio tetes.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Pinang Rustam mengatakan, 25 balita tersebut diketahui mengidap HIV saat diperiksa petugas Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016.

"Balita itu tidak diberi tetes polio, melainkan suntikan, karena kondisinya lemah. Suntikan itu merupakan virus polio yang sudah dimatikan, sedangkan tetes polio merupakan virus yang sudah dijinakkan," ujar Rustam seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/3/2016).

Rustam menjelaskan, tidak ada penanganan khusus terhadap balita yang terinfeksi HIV. Mereka tetap tinggal bersama orangtua masing-masing.

Ada orangtua dari balita tersebut yang sudah meninggal dunia. Balita yang terinfeksi HIV itu kini tinggal bersama salah satu keluarga. Ada pula balita yang ibunya mantan pekerja seks komersial. "Rata-rata orangtuanya bekerja di sektor swasta," beber Rustam.

Rustam mengemukakan PIN Polio 2016 dilaksanakan secara nasional mulai 8-15 Maret 2016. PIN Polio Kepri dibuka di Posyandu Saliara, Jalan Ganet Tanjungpinang.

Pemkot Tanjungpinang menargetkan sebanyak 23.731 orang usia 0-59 minggu mendapatkan vaksin polio tersebut. Saat ini, imbuh dia sebanyak 85 persen balita sudah mendapatkan vaksin polio.

"Petugas akan mendatangi rumah warga yang memiliki balita untuk diberikan vaksin polio," kata Rustam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini