Sukses

Aksi Superhero Sosialisasi Gerhana Matahari di Solo

Aksi unik menjadi perhatian bagi pengguna jalan yang sedang melintasi kawasan tersebut.

Liputan6.com, Solo - Para superhero ikut menyosialisasi gerhana matahari di kawasan Solo Baru, Solo, Jawa Tengah.  Mereka menyebarkan leaflet tentang gerhana matahari termasuk tips yang aman untuk melihat peristiwa alam itu.

Mereka juga membagikan selebaran atau leaflet tentang tata cara salat gerhana matahari pada para pengguna jalan.

Tokoh superhero komik seperti Batman, Superman, Sailormoon serta Gatotkaca sibuk membagikan leaflet di pinggir jalan kepada pengendara yang melintas di jalan raya Solo-Sukoharjo, kawasan Solo Baru, Senin (7/3/2016). Tak hanya mengenakan jubah, mereka juga menggunakan kacamata solar filter.

Saat lampu merah menyala di persimpangan 4 Solo Baru, keempat superhero lintas negara ini kompak membagikan leaflet. Aksi unik menjadi perhatian bagi pengguna jalan yang sedang melintasi kawasan tersebut.

Para pengguna jalan tampak kaget saat dihampiri. Keramaian aksi ini ditambah dengan suara lantang dari Gatotkaca yang menggunakan megaphone memberikan informasi mengenai gerhana matahari total (GMT) 2016.

Superhero di Solo membagikan informasi mengenai gerhana matahari (Liputan6.com/ Reza Kuncoro)

Koordinator acara, Bagus Widanarko menjelaskan, acara ini sebagai bentuk sosialisasi tentang gerhana matahari. Selain memberikan sosialisasi juga mengedukasi mengenai tata cara yang aman untuk menikmati peristiwa alam ini.

"Momen ini hanya terjadi di Indonesia dan kejadian ini tergolong langka yang bisa terjadi ratusan tahun kemudian, maka eman-eman (sayang) jika masyarakat luas tidak menikmati kuasa Tuhan ini (gerhana matahari). Dan untuk melihat gerhana matahari pun ada tata caranya biar aman, " jelas Bagus.



Superhero di Solo membagikan informasi mengenai gerhana matahari (Liputan6.com/ Reza Kuncoro)

Selain memberikan edukasi, aksi ini juga memberikan sosialisasi mengenai salat gerhana matahari. "Sebagai insan beragama, maka saat peristiwa alam ini menunaikan salat gerhana, " ujar Bagus.
 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini