Sukses

Ini Trik Polisi Jaga Keamanan Masyarakat Lewat Kolam Lele

Trik ini memanfaatkan lahan tidur milik polisi.

Liputan6.com, Makassar - Berbagai inovasi terus dilakukan aparat Kepolisian di wilayah Sulselbar. Kali ini, Polsek Segeri yang merupakan jajaran Polres Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulsel mengoptimalkan lahan tidur untuk kolam kamtibmas dengan menjadikannya lokasi kolam ikan lele.

Kapolsek Segeri, AKP HJ.D Sulunggi, mengatakan pembuatan kolam Kamtibmas ikan lele tersebut selain untuk pemanfaatan lahan yang tidur menjadi produktif juga dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi warga masyarakat Segeri.

Lahan tersebut dibuat menjadi 2 petak kolam.dan telah diisi sebanyak 20.000 bibit ikan lele. Kolam Kamtibmas itu memanfaatkan tenaga warga masyarakat nelayan dari RK Bawasalo, Kelurahan Bawasalo, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep.

"Warga masyarakat nelayan dari Bawasalo sebagai pemukat atau penjaring kepiting, karena pendapatan sehari-harinya sebagai pemukat kepiting tidak dapat menutupi ongkos pada setiap kali ia turun menjaring kepiting," kata Hulinggi kepada Liputan6.com, Minggu (17/1/2016)

Selain itu dilibatkan juga warga masyarakat lainnya seperti tukang bentor yang taraf hidupnya sangat sangat rendah. Tukang bentor dilibatkan dalam pekerjaan ini adalah sebagai penjemput pakan ikan lele ketika ikan tersebut sudah berumur satu bulan.

"Semua yang kami lakukan adalah tindak lanjut program 5 'MAU' yakni Mau Berubah, Mau Turun ke Lapangan, Mau Tegur Sapa Masyarakat, Mau Menerima Saran, dan Mau Berbuat/Action," kata Sulunggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.