Sukses

Pemancingan Gratis, Cara Warga Bandung Menjaga Sungai

Sungai Cicadas menjadi salah satu proyek percontohan sungai bersih di Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Warga bantaran Sungai Cicadas, Kota Bandung, Jawa Barat, memiliki cara unik untuk melestarikan sungai agar tidak tercemar. Para warga Jalan Babakan Surabaya, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, menyulap sungai menjadi kolam pemancingan.

Jangan takut untuk merogoh kocek dalam-dalam karena masyarakat sekitar bisa menikmati wahana baru ini dengan cuma-cuma alias gratis. Boleh dikatakan Sungai Cicadas memang menjadi salah satu proyek percontohan sungai bersih di Kota Kembang.

Warga Jalan Babakan Surabaya, Kiaracondong, Kota Bandung menyulap sungai menjadi kolam pemancingan dan arena arung jeram. (Liputan6.com/Okan Firdaus)

Target Adipura

Wali Kota Ridwan Kamil menjelaskan Pemerintah Kota Bandung memang menargetkan sungai-sungai di Kota Bandung bisa bersih pada tahun depan. Oleh karena itu, dukungan seluruh pihak, terutama masyarakat, sangat diperlukan.

"Ini sesuai dengan target kami bahwa pada 2016 sungai-sungai di Bandung sudah bersih. Dimulai komitmennya dari Sungai Cicadas ini," ucap Wali Kota Ridwan Kamil saat ditemui di sela kunjungannya di Jalan Babakan Surabaya, Kota Bandung, Minggu (29/11/2015).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Emil ini menegaskan target jangka panjang di masa kepemimpinannya, yaitu di tahun 2017, sungai di Kota Kembang akan bebas dari limbah domestik dan industri.

"Mudah-mudahan dalam waktu 3 tahun sungai sudah bersih, jalanan bersih, sistem kebersihan baik, budaya pungut sampah juga baik, regulasi dipatuhi, infrastruktur ditingkatkan. Ini tujuan utamanya Bandung bersih dan mudah-mudahan mendapat Adipura dan standarnya (kebersihan Kota Bandung) tidak turun lagi," ujar Ridwan Kamil.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengecek Sungai Cicadas yang disulap warga menjadi kolam pemancingan dan arena arung jeram. (Liputan6.com/Okan Firdaus)

Penjernih Sungai

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, Kota Bandung dialiri 2 sungai utama, yakni Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak sungainya. Total ada 46 sungai dan anak sungai yang mengalir di kota berjuluk Paris van Java itu.

Puluhan sungai itu pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. Walhasil, Bandung Selatan sangat rentan terhadap masalah banjir, terutama saat musim hujan. Pun demikian persoalan sampah di sungai.

Terkait itu, Pemerintah Kota Bandung bereksperimen dengan membuat instalasi penjernih air sungai yang akan dipasang di puluhan sungai dan anak sungai. Untuk membuat alat tersebut, Pemerintah Kota Bandung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2015 telah menganggarkan biaya Rp 2,6 miliar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengecek Sungai Cicadas yang disulap warga menjadi kolam pemancingan dan arena arung jeram. (Liputan6.com/Okan Firdaus)

"Kami ingin membuktikan Bandung yang sungainya kotor bisa jernih lagi," ucap Kang Emil di sela peresmian alat penjernih air yang dipasang di aliran Sungai Cikapayang di Jalan Merdeka, Jumat, 29 Mei lalu. (Ans/Ado)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.