Sukses

Alissa Wahid: Pentingnya Sikap Toleransi Di Kalangan Anak Muda

Kemajuan zaman yang begitu pesat, sikap toleransi di kalangan anak muda sangat penting untuk dibangun.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Wahid mengatakan anak muda tidak boleh terjebak dengan keyakinannya masing-masing. Dalam menafsirkan ajaran agama perlu menyelaraskan dengan realitas yang terus berubah-ubah agar tidak gagap dengan kemajuan zaman.

Hal tersebut disampaikannya saat mengisi acara Inspirasi Ramadhan Edisi Sahur di Kanal Youtube BKN PDI Perjuangan dengan Host Aprilia Putriningrum, Selasa dini hari (26/03/2024).

"Ini challenge anak muda banget. Bagaimana hidup dengan kemajuan, bagaimana hidup dengan perbedaan, keberagaman itu, dan membawa nilai-nilai islam," ujarnya.

Menurutnya, dengan kemajuan zaman yang begitu pesat, sikap toleransi di kalangan anak muda sangat penting untuk dibangun. Sebab, mereka telah yang memiliki pergaulan tingkat dunia sehingga diharuskan untuk mentoleransi orang-orang yang berbeda.

Putri sulung Gus Dur ini memaparkan sikap toleransi ini sudah menjadi bagian dari ajaran islam, sehingga perlu menjadi sikap spiritualitas anak muda untuk tidak saling memaksakan kepercayaan satu sama lain.

"Yang paling penting kita tidak saling memaksakan, karena dalam islam kita mengenal mazhab yang berbeda-beda. Kalau ada yang pernah ke Masjidil Haram pasti pernah melihat orang shalat dengan baju yang berbeda-beda," jelasnya.

Alissa menjelaskan, sikap spiritualitas anak muda semestinya harus terus diasah dan menjadi teman sepanjang hidup. Di bulan suci ramadan ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan spiritualitas sehingga tidak hanya terjebak dengan bentuk ritual-ritual saja.

Kendati demikian, spiritualitas yang digali harus harus menjadi sumber untuk bertindak dalam masyarakat. Salah satunya harus bertindak adil meskipun kepada orang yang dibenci.

"Ritual ya itu tidak makan hingga sore, misalnya menahan diri tidak ketemu pacarnya pagi hingga sore, nah itu nggak dapat apa-apa. Jadi bukan hanya ritualnya, justru yang paling penting nilai-nilai keislamannya," tuturnya.

Tugas Rasulullah terutama untuk meningkatkan akhlak umat manusia terutama kaum muslim. Di zaman ini karena Rasulullah tidak ada, maka menurut Alissa, menjadi kesempatan anak muda untuk mempertanyakan dan menata lagi apa saja yang menjadi kebiasaan dalam islam yang diajarkan oleh Rasulullah.

"Misalnya ghibah tadi itu, kan nggak Islami, sehingga yang kita dapatkan cuma menahan lapar doang selama puasa Ramadhan," katanya.

Alissa meneruskan sangat mungkin anak muda memiliki nilai-nilai islami di zaman sekarang. Tentunya, harus belajar Islam lebih dalam yang tidak terpaku pada ritual, akan tetapi nilai-nilai keislamannya. Dalam Islam itu selalu menjunjung akhlak, nilai-nilai toleransi, dan termasuk mencintai tanah air.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.