Sukses

Empat Kegiatan Sambut Ramadan di Kalsel

Empat kegiatan tersebut yakni Pasar Ramadan, Nasional Halal Fair, Pasar Rakyat serta menyambut kegiatan Safari Ramadan Wakil Presiden RI,KH Ma’ruf Amin ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Liputan6.com, Banjarbaru Menyambut Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan menggelar Pasar Ramadan di Banjarmasin. Tidak hanya itu, kegiatan Nasional Halal Fair, Pasar Rakyat serta menyambut kegiatan Safari Ramadan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin ke Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Berbagai persiapan untuk menyukseskan kegiatan tersebut telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait beberapa hari yang lalu. Pembahasan mulai dari lokasi pelaksanaan pasar hingga penataan stan pedagang serta penataan panggung.

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel, Fajar Desira memimpin rapat di ruang rapat H. Maksid Setda Prov Kalsel di Banjarbaru. Pembahasan bersama ini terkait dengan kegiatan-kegiatan untuk menyemarakkan Bulan Ramadan sekaligus peningkatan perekonomian di Kalsel.

Salah satu kegiatan dari kegiatan tersebut yakni Safari Ramadan Wapres RI. Orang nomor dua di republik ini diagendakan juga akan mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Prov Kalsel. Ini sebagai langkah tindak lanjut dari kunjungan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) pada hari Rabu tanggal 1 Maret 2023 lalu.

"Ini persiapan kegiatan yang direncanakan nanti akan dilaksanakan di bulan Ramadan yang juga nantinya akan menghadirkan pedagang bersertifikat halal," ujar Fajar Desira, Senin (13/3/2023).

Kegiatan Halal Fair ini nantinya akan bersinergi dengan Pasar Ramadan dalam rangka pengendalian inflasi sekaligus peningkatan UMKM di Kalsel.

"Makanya kegiatan ini nantinya akan diintegrasikan dalam salah satu rangkaiannya yang juga akan dikunjungi oleh Bapak Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dalam rangka Safari Ramadan," lanjut Fajar Desira.

Persiapan rangkaian tersebut dibicarakan juga dengan menghadirkan lembaga vertikal seperti Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel, dan instansi-instansi lain yang terkait.

Ada beberapa poin yang menjadi catatan dari hasil dari rapat koordinasi tersebut, di antaranya selain menghadirkan pelaku UMKM atau pedagang bersertifikat halal, namun akan dilakukan juga kegiatan untuk meningkatkan literasi pada ekonomi syariah.

Termasuk juga stan-stan yang dihadirkan ada beberapa stan diisi dari perbankan syariah juga ada stan untuk universitas atau akademi berbasis syariah atau keagamaan.

Pada rapat lanjutan, Fajar Desira didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Prov Kalsel, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kalsel dan Kasubag Kebijakan Biro Perekonomian Kalsel serta Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah KPw BI Kalsel.

"Rakor ini adalah lanjutan Senin kemarin, kita minta dari ada beberapa catatan yang kita sudah buat, dan memohon untuk paparan konsep dari vendor," sebut Fajar Desira, Rabu (15/3/2023).

Usai paparan dari vendor kegiatan, dilanjutkan dengan pembahasan terkait kepastian pelaksanaan agenda Pemprov Kalsel pada Ramadan Fair, Nasional Halal Fair serta Safari Ramadan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin disamakan atau terpisah.

"Kita memutuskan untuk Ramadan Fair dipisah sedangkan Nasional Halal Fair dilaksanakan selama lima hari, dimulai tanggal 10 April 2023 sekaligus kedatangan bapak Wapres dan pelantikan KDEKS," lanjut Fajar.

Lokasi Ramadan Fair rencananya akan dilaksanakan di depan Korem 101/Antasari sampai pertigaan Taman Siring 0 KM selama 29 hari, sedangkan Nasional Halal Fair dan Safari Ramadan Wapres ditempatkan di depan eks kantor gubernur.

Menindaklanjuti dari hasil rapat tersebut, pihaknya bersama jajaran akan melakukan pengecekan lapangan sekaligus pengukuran lokasi dan penempatan stand yang akan diisi oleh beberapa pihak termasuk pelaku UMKM Kalsel, pada Kamis sore.

Untuk memeriahkan Nasional Halal Fair akan dilakukan juga Pasar Rakyat sebagai langkah Pemprov Kalsel dalam penanggulangan inflasi di daerah.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.