Sukses

7 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pasca Lebaran, Ketahui Penyebabnya

Radang tenggorokan atau faringitis bisa diatasi menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi radang tenggorokan pasca Lebaran tentu perlu kamu pahami. Pasalnya kondisi ini mungkin cukup sering terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman saat Lebaran yang berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu benar-benar memperhatikan penanganannya.

Radang tenggorokan ini biasanya menyebabkan penderita merasa tidak nyaman, nyeri, serta gatal pada tenggorokan.  Hal ini tentu dapat mengganggu kamu dalam beraktivitas.

Radang tenggorokan atau faringitis bisa diatasi menggunakan bahan alami. Berbagai bahan alami seperti madu, teh, lemon, dan lain sebagainya bisa kamu gunakan untuk mengobatinya. Kamu bisa meminumnya atau ada juga pengobatan alami dengan cara dikumur.

Bahan alami dapat dijadikan pengobatan awal. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/5/2022) tentang cara mengatasi radang tenggorokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Radang Tenggorokan Pasca Lebaran

Sebelum mengenali cara mengatasi radang tenggorokan pasca Lebaran, kamu perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab radang tenggorokan biasanya dipengaruhi oleh beragam kondisi dan penyakit. Namun, kebanyakan radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang menurun.  

Sementara itu, pada saat Lebaran, radang tenggorokan biasanya terjadi karena iritasi akibat sajian Lebaran. Makanan pedas, panas, asam hingga minuman dingin menjadi faktor utama seseorang mengalami radang tenggorokan pasca Lebaran.

Penyebab radang tenggorokan yang sangat umum adalah virus. Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Jenis virus yang bisa menyebabkan radang tenggorokan seperti rhinovirus, influenza, mononucleosis, ebv, coronavirus, dan banyak lagi.

Selain itu, sejumlah infeksi bakteri juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan, yang paling umum adalah streptococcus pyogenes (streptococcus grup a). Radang tenggorokan jenis ini menyebabkan hampir 40 persen kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. tonsilitis, dan infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Kemudian, banyak juga bahan kimia dan zat lain di lingkungan yang mengiritasi tenggorokan, termasuk rokok dan asap tembakau lainnya, polusi udara, dan produk pembersih dan bahan kimia lainnya. Mengunyah tembakau, minum alkohol, dan makan makanan pedas juga bisa mengiritasi tenggorokan.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pasca Lebaran

Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi radang tenggorokan pasca Lebaran yang pertama bisa dengan kumur air garam. Larutan air garam yang hangat akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Salah satu penelitian bahkan telah membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan.

Kamu cukup mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali sepanjang hari. Obat sakit tenggorokan alami ini sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Minum air putih

Jika mengalami radang tenggorokan, kamu perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Kamu harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya.

Minum setidaknya dua liter air putih per hari sebagai cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran. Selain itu, pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya akan memperberat radang yang terjadi.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pasca Lebaran

Minum teh

Minum teh saat sedang radang tenggorokan juga bisa membantu mengurangi atau meredakan rasa nyerinya. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan. Cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran ini bisa kamu terapkan secara rutin.

Kumur air kunyit

Kunyit merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Termasuk sebagai cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran.

Cara menggunakannya mudah saja, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

Air perasan lemon

Sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran, kamu cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk segera mendapatkan hasilnya.

Properti astringent yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pasca Lebaran

Minum air hangat yang dicampurkan madu

Air hangat yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

Minum air lemon dengan madu

Cara mengobati radang tenggorokan pasca Lebaran berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi kombinasi lemon dan madu. Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan dikarenakan adanya sifat asam dari lemon yang dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.