Sukses

Biar Mudik Lebaran Tenang, Pastikan Perlengkapan Ini Ada di Mobil

Jelang mudik Lebaran 2022, segala sesuatunya mesti dipersiapkan. Tidak cuma kesiapan kendaraan, dan juga fisik, tetapi juga perkakas mesti dipersiapkan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Jelang mudik Lebaran 2022, segala sesuatunya mesti dipersiapkan. Mereka yang melakukan perjalanan mudik, harus memenuhi syarat sudah menjalani vaksin booster.

Atau bagi yang belum, dapat melakukan tes PCR untuk memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Kesiapan mobil untuk menempuh perjalanan pulang kampung juga mesti diperhatikan, tidak hanya dipersiapkan dengan pengecekan beberapa komponen penting.

Seperti mesin, kaki-kaki, serta sistem penerangan, memang kerap menjadi perhatian khusus untuk mempersiapkan mudik 2022.

Namun, selain kesiapan dari performa mobil, ada juga hal lain yang tidak boleh luput dari pemudik dan harus ada di dalam mobil. Tentunya, keberadaan alat ini menjadi penting tatkala kondisi darurat dalam perjalanan.

Dengan kondisi mudik 2022 yang diprediksi bakal mengalami peningkatan, maka persiapan juga harus dilakukan dengan sangat baik. Berikut alat-alat yang wajib ada di dalam mobil untuk menghadapi kondisi darurat.

Siapkan perkakas atau alat berikut ini:

Segitiga Pengaman

Komponen ini memang kerap dilupakan oleh pemilik mobil saat melakukan perjalanan. Padahal, dengan komponen tersebut dan kendaraan mengalami kerusakan di tepi jalan, penggunaan segitiga ini akan menjadi penanda yang harus ditempatkan beberapa jarak dari mobil.

Fungsinya, agar pengemudi lain bisa mengantisipasi dan melihat ada mobil yang tengah mengalami kondisi darurat di depannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak

 

Untuk peralatan yang satu ini memang selalu ada di dalam mobil. Namun, tidak ada salahnya untuk kembali mengecek apakah dongkrak di dalam mobil masih ada, atau justru lupa dimasukkan kembali setelah dipakai.

Selain mengecek keberadaan alat tersebut, ada baiknya juga dilakukan pengetesan terkait kinerjanya. Jangan sampai dongrak tersebut macet dan tidak bisa bekerja optimal saat dibutuhkan dalam kondisi darurat.

Kunci Roda

Kondisi darurat yang kerap dialami oleh pengemudi adalah pecah ban. Untuk mengantisipasinya, tentu alat-alat yang berkaitan dengan penggunaan tersebut juga harus dipersiapkan dengan begitu matang.

Untuk alat yang satu ini, sudah pasti harus ada saat perjalanan mudik. Selain dongkrak yang akan membantu untuk mengangkat mobil, peran dari kunci roda ini begitu vital karena untuk melepaskan baut-baut pada ban.

Kesiapan dengan membawa alat-alat tersebut tentunya dapat memberikan rasa aman ketika mobil mengalami masalah di jalan sewaktu mudik. Ayo cek dulu, jangan sampai ketinggalan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.