Sukses

Quraish Shihab: Allah Menyukai Orang-Orang yang Muhsin dan Melakukan Kewajibannya

Liputan6.com, Jakarta Siapa sosok yang paling disukai Allah? Menurut Quraish Shihab, jawabannya ada pada Al-Qur'an atau sunah Nabi SAW.

Dalam Al-Qur'an ada sebuah firman yang mengatakan,"Sesungguhnya Allah mencintai, menyukai sekian banyak objek yang disebutnya. Almuhsinin, orang-orang yang muhsin, Alsobirin, Almutakin."

Cendekiawan muslim ini juga menjelaskan, bahwasanya Allah menyukai orang-orang yang menyembah Allah seakan-akan kita melihat-Nya.

"Dan apabila tidak tercapai, meyakini secara penuh bahwa Allah melihat kita," ucap Quraish Shihab.

Bila ihsan kepada Allah, lanjut Quraish Shihab, maka ihsan kepada manusia adalah melihat orang lain sebagai sosok diri. Sehingga apabila dia membutuhkan, diri kita akan memenuhi kebutuhannya. 

"Namun, tahukah kita siapa yang bisa mencapai tingkat yang dicintai Allah?" tanya Quraish Shihab.

Dalam sebuah hadis qudsi, Allah berfirman:

"Tidak ada satu amalan yang dikerjakan manusia yang lebih Ku sukai daripada dia mengerjakan kewajibannya."

"Untuk itu, pilihkan kewajiban dalam bidang agama. Kerjakanlah yang wajib," kata cendekiawan muslim ini dalam tausiyahya.

Allah berfirman:

"Seseorang yang mengerjakan pekerjaan wajibnya, dan menambahnya dengan amal-amal anjuran yang tidak wajib , maka dia akan Ku anugerahi sehingga matanya yang digunakan adalah mata-Ku. Telinganya yang digunakan untuk mendengar adalah telinga-Ku. Kakinya yang digunakan untuk melangkah adalah kaki-Ku."

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini: