Sukses

9 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing untuk Santapan di Hari Raya

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri kerap dijadikan momen untuk berkumpul dengan sanak keluarga dan menyantap berbagai makanan dengan olahan daging, salah satunya dari olahan daging kambing. Namun dapat dikatakan mengolah daging sapi bisa dibilang lebih mudah dibanding kambing. Sebab, daging kambing cenderung lebih bau dibanding sapi.

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang biasa diolah menjadi berbagai aneka masakan. Rasanya yang lezat dan nikmat, menjadikan daging ini sangat digemari oleh semua kalangan. Namun, tak banyak orang yang bisa mengolah masakan ini menjadi benar-benar nikmat.

Daging kambing jika tidak dimasak dengan benar, maka akan memiliki tekstur alot dan menimbulkan bau yang tak sedap. Bau ini biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terutama untuk kambing jantan. Oleh karena itu, ada teknik khusus dalam mengolah daging kambing supaya memiliki tekstur empuk dan tidak bau prengus.

Bau prengus pada daging kambing biasanya juga timbul karena teknik memasaknya yang tidak benar. Namun jangan khawatir, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tersebut dan menjadikan masakan daging kambing memiliki tekstur empuk dan empuk.

Penasaran bagaiamana cara mengolah daging kambing agar tak bau prengus? Berikut telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (12/5/2021).

2 dari 5 halaman

Jangan Mencuci Daging Mentah dan Hilangkan Bagian Lemak Daging

1. Jangan mencuci daging mentah

Cara membuat daging kambing tidak bau prengus adalah dengan jangan mencuci daging kambing. Pasalnya, mencuci daging kambing sebelum dimasak justru membuat daging ini menjadi alot dan prengus. Selain itu, daging kambing yang dicuci sebelum dimasak juga cenderung semakin cepat mengalami pembusukan.

Oleh karena itu, sebaiknya daging kambing tidak dicuci dan segera direbus. Cukup rebus daging hingga mendidih dan buang air sisa kotoran tersebut. Dengan begitu, bau prengus pada daging kambing bisa hilang dan memiliki tekstur yang nikmat.

2. Hilangkan bagian lemak daging

Cara yang selanjutnya adalah menghilangkan bagian lemaknya. Hal ini dapat dikatakan efektif sebab kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah daging membeku, Anda bisa dengan mudah memisahkan lemaknya.

3 dari 5 halaman

Dengan Menaburi Garam dan Nanas Muda

3. Taburi dengan garam

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing yang sudah terlanjur dicuci ialah dengan menaburkan atau melumuri daging memakai garam. Dengan menaburi garam pada daging bisa menetralisir bau amis yang tak sedap. Cukup taburi garam secara merata ke seluruh bagian daging kambing, lalu diamkan selama 60 menit dan bersihkan daging dari garam memakai air, setelah itu segera rebus.

4. Memakai parutan nanas muda

Selain menaburi dengan garam, buah nanas juga berfungsi efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selain itu, buah ini juga dipercaya mampu menjadikan daging menjadi lebih lunak dan menghasilkan rasa lebih nikmat. Caranya cukup mudah, pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah ini dan taburkan parutan nanas ke seluruh bagian daging. Dengan begitu, daging akan semakin memiliki tekstur empuk dan bebas dari bau tak sedap.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Jeruk Nipis dan Bungkus dengan Daun Pepaya

5. Menggunakan jeruk nipis

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing berikutnya yaitu menggunakan jeruk nipis. Selain dapat menghilangkan bau tak sedap pada daging, jeruk nipis juga berfungsi efektif untuk melunakkan daging. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memeras jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian baluri daging kambing dengan perasan air jeruk tersebut.

6. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya juga dipercaya efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang berfungsi efektif untuk menetralkan bau pada daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga mampu membuat daging menjadi lebih lembut.

Cara memanfaatkan daun pepaya ini cukup mudah, siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan. Setelah itu, bungkus daging tersebut dengan daun pepaya. Dengan begitu, kandungan enzim pada daun bekerja menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih empuk.

5 dari 5 halaman

Gunakan Rempah Jahe dan Rendam Dengan Cuka

7. Gunakan Rempah Jahe

Anda bisa gunakan beberapa olahan dari rampah jahe untuk menghilangkan bau daging kambing. Namun jika Anda memasak semur, lebih baik jangan menggunakan cara ini sebab bisa merusak citarasa masakannya.

8. Rendam dengan cuka

Bahan dasar cuka sangat mudah ditemukan, Anda bisa gunakan saat tidak sempat membeli rempah atau bahan lainnya. Caranya rebus 1 liter air dalam panci, tunggu sampai mendidih, lalu masukkan 1 kilogram daging kambing, dan 50 gram cuka. Setelah itu Anda bisa tiriskan dan masak sesuai keinginan.

9. Rebus daging dengan lobak

Lobak adalah tumbuhan jenis umbi-umbian yang dapat menghilangkan bau daging kambing dengan cepat. Caranya, Anda bisa rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, kemudian rebus selama setengah jam. Setelah itu Anda bisa keluarkan lobaknya, dan mulai memasak daging sesuai dengan resep yang sudah Anda siapkan.