Sukses

Doa Minta Rahmat dan Petunjuk dalam Surah Al Kahfi Ayat 10

Liputan6.com, Jakarta Cerita mengenai Ashabul Kahfi tercatat jelas dalam Alquran surah Al Kahfi. Surah ini merupakan surah 18 dalam kitab suci Alquran.

Surah Al Kahfi sendiri artinya adalah gua. Surah ini juga dinamakan Ashabul Kahfi atau para penghuni gua. Karena di dalam surah ini dikisahkan orang-orang yang berada dalam gua.

Cerita mengenai para penghuni gua yang tertidur selama bertahun-tahun itu terdapat dalam ayat 9 hingga 26. Surah yang terdiri dari 110 ayat ini termasuk dalam kategori Makkiyah.

Surah Al Kahfi juga mengandung kisah-kisah lain yang semuanya mengandung hikmah dan pembelajaran bagi umat manusia.

Surah ini penuh dengan keutamaan. Salah satu hadis Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa dengan membaca surah ini maka seseorang akan mendapat cahaya dari Allah SWT.

Dalam hadis riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dia akan diterangi cahaya di antara dua Jumat. ( HR. Al Hakim).

2 dari 3 halaman

Doa dalam Surah Al Kahfi

Selain itu, surah ini juga mengandung doa yang bisa diamalkan. Yaitu doa yang terdapat pada ayat 10 surah Al Kahfi. Doa ini diucapkan oleh para penghuni gua yang berharap rahmat dari Allah.

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

“(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, ‘Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al Kahfi: 10)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini