Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 13 April 2021 di Kota-Kota Besar Indonesia

Jadwal buka puasa penting diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Selasa 13 April 2021 digunakan sebagai patokan waktu berbuka puasa bagi seluruh umat muslim. Puasa dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci Al-Quran.

Puasa Ramadan wajib dilaksanakan bagi seluruh umat muslim yang telah memenuhi syarat. Dengan mengetahui jadwal buka puasa hari ini Selasa, 13 April 2021, Anda dapat menyegerakan berbuka puasa seperti yang telah dianjurkan Rasulullah. 

Nah, agar keberkahan semakin meliputi dengan menyegerakan berbuka, berikut jadwal buka puasa hari ini Selasa 13 April 2021 untuk beberapa kota besar di Indonesia yang dirangkum Liputan6.com dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Selasa(13/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kewajiban Puasa Ramadan

Puasa Ramadan wajib dilakukan oleh orang yang beragama Islam, sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh, kemudian wanita yang suci dari haid dan juga nifas. Puasa di bulan Ramadan dilaksanakan satu bulan penuh, sekitar 29 hari sampai 30 hari.

Kewajiban berpuasa Ramadan tertuang pada Al-Qur'an dan hadis. Berikut adalah dalil diwajibkannya puasa bagi umat Islam:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan juga diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya.

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad).

 

3 dari 4 halaman

Jadwal buka puasa hari ini Selasa, 13 April 2021

Berikut jadwal buka puasa hari ini Selasa, 13 April 2021, 1 Ramadan 1442 H di kota-kota besar Indonesia, dirangkum dari laman Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:49 WIB

Medan 18:35 WIB

Padang 18:25 WIB

Pekanbaru 18:22 WIB

Tanjung Pinang 18:10 WIB

Palembang 18:06 WIB

Bandung 17:56 WIB

Jakarta 17:56 WIB

Yogyakarta 17:41 WIB

Semarang 17:41 WIB

Surabaya 17:31 WIB

Pontianak 17:50 WIB

Banjarmasin 18:27 WITA

Denpasar 18:21 WITA

Makassar 18:06 WITA

Palu 18:07 WITA

Mataram 18:17 WITA

Kupang 17:46 WITA

Ambon 18:32 WIT

Sorong 18:21 WIT

Jayapura 17:43 WIT

4 dari 4 halaman

Doa Berbuka Puasa

Terdapat dua versi doa puasa Ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Doa ini sudah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga sering mendengarnya di televisi maupun di radio, saat waktu berbuka tiba. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghafalkan doa puasa Ramadan satu ini.

Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan adzan Maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap sajian buka puasa yang tersedia. Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa Ramadan yang sangat penting untuk dihafalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru Insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.