Sukses

50 Ucapan Maaf Menjelang Ramadan, Penggugur Dosa dan Penguat Tali Silaturahmi

Perintah mengucapkan maaf menjelang Ramadan ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du ayat 21.

Liputan6.com, Jakarta Amalan baik menyambut bulan suci Ramadan yang wajib dilakukan adalah saling memaafkan dan menjaga silaturahmi. Ucapan maaf menjelang Ramadan bisa dijadikan pilihan penggugur dosa untuk menyucikan diri.

Perintah menjaga sekaligus menguatkan tali silaturahmi dengan ucapan maaf menjelang Ramadan ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du ayat 21. 

“Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah SWT perintahkan supaya dihubungkan (yaitu mengadakan hubungan silaturahim dan tali persaudaraan).”

Bukan hanya sebagai penggugur dosa, tetapi keutamaan mengucapkan maaf menjelang Ramadan akan melancarkan rezeki dan mempermudah segala urusan manusia di dunia dan akhirat. Sekaligus meringankan ibadah puasa dan ibadah lain di bulan Ramadan nantinya.

Berikut Liputan6.com ulas ucapan maaf menjelang Ramadan dari berbagai sumber, Kamis (8/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

1. "Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

2. "Selagi masih ada kesempatan, selagi masih ada umur, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang diperbuat. Semoga di Ramadhan ini kita mendapat ampunan dari Allah Yang Maha Pengampun. Selamat menunaikan ibadah puasa."

3. "Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

4. "Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum."

5. "Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

6. "Selembut embun dipagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

7. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

8. "Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat."

9. "Gersang bumi tanpa hujan. Gersang akal tanpa ilmu. Gersang hati tanpa iman. Gersang jiwa tanpa amal. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

10. "Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa"

3 dari 6 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

11. "Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin."

12. "Jangan sesalkan perpisahan jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin."

13. "Daku rindu bulan ramadan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmat-Mu."

14. "Semoga puasaku, puasamu, dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Amin."

15. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

16. "Marhaban ya Ramadan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

17. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

18. "Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

19. "Fajar Ramadan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin."

20. "Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

4 dari 6 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

21. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

22. "Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

23. Sucikan hati, sucikan jiwa dan bersihkan pikiran. Marhaban Ya Ramadan. Selamat berpuasa."

24. Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan."

25. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

26. “Dalam hitungan jam kan kita jelang waktu berbuka. Sehari menjalankan puasa tak terasa, Apabila dilaksanakan untuk ibadah kepada yang maha kuasa, tak masalah berbuka ataupun sahur asalkan ikhlas semoga pahala berlipat ganda. Selamat menjalankan Ibadah Puasa 2021/1443 H.”

27. “Melaksanakan dengan sepenuh hati. Menyambut dengan menyentuh hati. Menjalankan dengan kesucian hati. Semoga cahaya Ramadan kita dapati dengan rahmat illahi. Selamat melaksanakan Ibadah Puasa pada bulan Ramadan tahun ini.”

28. “Selamat menunaikan Ibadah Puasa 2021. Napas pun menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah. Amal diterima dan doa-doa dijabah, semoga kita pun mendapat berkah.”

29. “Menjelang bulan Ramadan yang mulia semoga kita mampu menahan diri dari segala perkataan atau tindakan yang menjauhkan diri dari tujuan ideal menjadi orang yang bertakwa, selamat puasa ya.”

30. “Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.”

5 dari 6 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

31. "Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

32. "Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

33. "Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

34. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

35. "Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

36. "Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

37. "Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadan."

38. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

39. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

40. "Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

6 dari 6 halaman

Ucapan Maaf Menjelang Ramadan

41. "Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu."

42. "Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan."

43. "Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin."

44. "Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

45. "Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan."

46. "Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal'alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan."

47. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

48. "Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

49. "Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

50. "Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.