Sukses

Aplikasi Penghitung Zakat Mal

Pada praktiknya, mungkin saja penghitungan zakat mal membingungkan. Namun kini, berkat perkembangan teknologi, menghitung zakat mal semakin mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Membayar zakat merupakan salah Rukun Islam dan salah satu jenis zakat adalah zakat mal atau zakat harta. 

Ketika suatu harta (mal) memenuhi kriteria tertentu yang telah digariskan oleh syariat, maka wajib bagi si pemilik harta untuk menunaikan zakat.

Mengutip laman NU.or.id, zakat mal merupakan salah satu dari dua jenis zakat yang wajib ditunaikan. 

"Secara umum aset zakat mal meliputi hewan ternak, emas dan perak, bahan makanan pokok, buah-buahan, dan mal tijarah (aset perdagangan)." 

Pada praktiknya, mungkin saja penghitungan zakat mal membingungkan. Namun kini, berkat perkembangan teknologi, menghitung zakat mal semakin mudah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zakatpedia

Adalah aplikasi bernama Zakatpedia yang dapat memudahkan penghitungan zakat mal. Aplikasi ini mengadopsi tampilan antramuka simpel. 

Bobot aplikasi yang dikembangkan oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) pun sangat ringan, 7,6MB saja. Saat ini aplikasi Zakatpedia telah mendapat penilaian 4,5/5 dan diunduh ribuan kali.

Beberapa jenis zakat yang dapat dihitung melalui aplikasi ini antara lain zakat profesi, zakat niaga, zakat emas, aset, pertanian.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menyalurkan donasi kepada mereka yang membutuhkan. 

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini