Sukses

7 Manfaat Madu untuk Jaga Kesehatan Saat Menjalani Puasa Ramadan

Ada banyak pilihan makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, salah satunya adalah madu.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat Islam di dunia saat ini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa ini akan dilaksanakan selama satu bulan lamanya.

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita juga perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman, baik ketika berbuka atau sahur.

Selain tentunya melaksanakan puasa, asupan makanan dan minuman ini juga penting agar ibadah kita saat Ramadan tetap bisa berjalan dengan baik serta lancar.

Ada banyak pilihan makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi selama puasa, salah satunya adalah madu.

Madu memiliki manfaat yang luar biasa. Memiliki kandungan yang kaya nutrisi ditambah manis rasanya, maka menjadikan madu sebagai makanan sehat dan lezat.

Bahkan ketika Ramadhan, mengkonsumsi madu akan sangat bermanfaat untuk kelancaran ibadah puasa. Madu bisa ditambahkan sebagai pelengkap makanan manis saat berbuka atau sahur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat madu apabila dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Memberi Energi

Manfaat madu yang pertama adalah sebagai pemberi energi saat berpuasa. Jika ingin minum minuman yang manis ketika sahur, madu bisa dicampurkan di dalam segelas air putih hangat.

Kandungan gula alami dan karbohidrat yang terdapat pada madu dapat menjadi sumber energi yang baik. Energi inilah yang dapat membantu agar bisa tahan menjalankan puasa seharian.

 

3 dari 8 halaman

Jaga Imunitas Tubuh

Manfaat madu juga mampu menjaga imunitas tubuh. Imunitas tubuh perlu dijaga dengan baik agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Kandungan antioksidan pada madu juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Lewat manfaat-manfaat tersebut, imunitas tubuh bisa lebih terjaga dan ibadah puasa pun akan semakin lancar.

 

4 dari 8 halaman

Seimbangkan Metabolisme

Madu juga dapat menjaga metabolisme dalam tubuh. Madu dinilai mampu melancarkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

Anda bisa mencampurkan madu dengan air dan dikonsumsi pada saat sahur. Ketika mengkonsumsi madu tersebut, maka nantinya dapat membantu tubuh mencerna nutrisi yang terkandung di dalam makanan kita.

 

5 dari 8 halaman

Mengatasi Perut Kembung

Manfaat madu juga mampu mengatasi perut kembung. Terkadang ketika berbuka puasa, perut akan terasa kembung.

Untuk meredakan perut kembung tersebut, Anda bisa mencoba meminum air hangat yang dicampur dengan madu murni.

Minuman ini berfungsi untuk menetralkan gas yang ada di dalam perut. Selain itu, air madu hangat juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi setelah berpuasa.

 

6 dari 8 halaman

Cegah Sembelit

Madu juga bermanfaat mencegah sembelit. Jika perubahan pola makan selama puasa menyebabkan Anda kesulitan untuk buang air besar, air madu hangat bisa menjadi pilihan solusi.

Kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membantu mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus.

 

7 dari 8 halaman

Menahan Lapar

Manfaat madu juga dapat menahan lapar saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi satu sendok madu, maka dapat membantu memberikan rasa kenyang pada tubuh.

Hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam madu, di mana satu sendok madu setara dengan 17 gram karbohidrat.

 

8 dari 8 halaman

Kendalikan Berat Badan

Madu juga mampu mengendalikan berat badan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat dibakar dengan memanfaatkan madu yang sudah dicairkan dengan air hangat.

Melalui cara ini, lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar dan diubah menjadi energi untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

 

Reporter : Andre Kurniawan

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.