Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Minggu 3 Mei 2020 di Berbagai Daerah dan Arti Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020 merupakan sebuah patokan waktu buka puasa bagi seluruh umat muslim terutama di seluruh Indonesia. Puasa merupakan salah satu ibadah umat muslim yang dilaksanakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat yang sesuai dengan perintah Allah dalam kitab suci Al-Quran.

Puasa Ramadan wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim yang telah memenuhi syarat untuk berpuasa. Dengan mengetahui jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020 Anda dapat menyegerakan untuk berbuka puasa seperti yang telah dianjurkan Rasulullah.

Di Indonesia sendiri terdapat tiga zona waktu, sehingga menimbulkan jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020 berbeda di tiap daerah. Walaupun terkadang hanya memiliki selisih beberapa menit, sangat penting untuk mengetahui jadwal buka puasa yang tepat di masing-masing daerah.

Berikut ini merupakan informasi mengenai jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020 yang telah Liputan6.com rangkum bagi beberapa kota besar di Indonesia, Minggu (3/5/2020).

2 dari 5 halaman

Arti Bulan Ramadan

Kata Ramadan berasal dari Bahasa Arab yaitu ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang memiliki arti yaitu panas yang menghanguskan atau kekeringan. Bangsa Babilonia memiliki budaya yang cukup dominan di utara Jazirah Arab. Mereka menggunakan penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus. Bulan kesembilan, yaitu bulan Ramadan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat.

Namun, setelah umat Islam mengembangkan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dari kalender berbasis Matahari, bulan Ramadan tak lagi selalu bertepatan dengan musim panas. Orang lebih memahami 'panas'nya Ramadan secara kiasan.

Kiasan ini merujuk pada hari-hari di mana orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan dengan ibadah-ibadah Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan orang yang berpuasa tak lagi berdosa. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.

3 dari 5 halaman

Penjelasan Buka Puasa Berdasar Al-Quran

Buka puasa dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Quran. Di dalamnya dijelaskan mengenai puasa hingga waktu berbuka puasa. Berikut adalah salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan puasa hingga waktu berbuka puasa. Ayat tersebut dikatakan dalam surat Al-Baqarah tepatnya ayat ke 187.

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Dari penjelasan ayat di atas, ada beberapa hal yang dilarang saat menjalankan ibadah puasa, kemudian juga menjelaskan kapan mulai berpuasa dan kapan harus menghakhirinya.

Waktu berbuka puasa dalam ayat di atas, dijelaskan dalam bagian ini:

"Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam"

Potongan ayat di atas menjelaskan bahwa puasa itu dilakukan hingga datang malam, atau jika ditafsirkan datang malam adalah ketika matahari terbenam. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa waktu buka puasa adalah saat datang malam atau matahari terbenam.

4 dari 5 halaman

Jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020

Berikut ini jadwal buka puasa hari ini Minggu 3 Mei 2020 di berbagai kota besar Indonesia.

Banda Aceh 18:49 WIB

Medan 18:33 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:01 WIB

Bandung 17:49 WIB

Jakarta 17:49 WIB

Yogyakarta 17:33 WIB

Semarang 17:34 WIB

Surabaya 17:24 WIB

Pontianak 17:46 WITA

Banjarmasin 18:21 WITA

Denpasar 18:13 WITA

Makassar 18:00 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:09 WITA

Kupang 17:38 WITA

Ambon 18:27 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:38 WIT

5 dari 5 halaman

Mengapa Waktu Buka Puasa di Tiap Daerah Berbeda?

Bumi akan selalu berputar pada porosnya atau yang disebut dengan rotasi. Bumi juga akan selalu bergerak mengelilingi matahari. Saat salah satu sisi dari bumi terkena cahaya matahari, maka akan terjadi siang pada daerah tersebut, begitu juga dengan sebaliknya. Ternyata, bumi berputar pada poros yang tidak tegak lurus. Poros tersebut memiliki kemiringan sebesar 23,5 derajat.

Gabungan antara gerakan bumi mengelilingi matahari dan kemiringan sumbu rotasi inilah yang menyebabkan munculnya siang dan malam. Sehingga akan membuat perbedaan lama waktu berpuasa di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.